10 Wedding List Beserta Tips Persiapan Pernikahan Agar Lancar

Pernikahan merupakan suatu babak baru dalam suatu hubungan ikatan antara dua insan manusia. Sebagai suatu momen yang sakral, pernikahan pun sering disebut sebagai suatu penyempurna agama oleh umat muslim. Tak heran jika momen ini biasanya selalu diiringi dengan rangkaian kegiatan yang istimewa. Mulai dari baju yang dikenakan, rangkaian acara yang harus dilewati dan hal teknis lainnya. Agar rencana pernikahan dapat berjalan dengan lancar, Anda harus menyiapkan terlebih dahulu tema dan konsep acara yang akan dilewati. Jika menginginkan konsep acara outdoor, maka pemilihan sewa tenda di bogor dapat Anda jadikan referensi utama. Selengkapnya mengenai hal yang harus Anda persiapkan sejak jangka waktu tertentu akan dibahas dalam artikel berikut ini.

Wedding List yang Harus Anda Pastikan dengan Tepat

Mempersiapkan sebuah acara pernikahan memang membutuhkan ketelitian tersendiri. Tak hanya berhubungan dengan hal teknis saja, bahkan administratif pun harus diperhatikan dengan rinci. Untuk mempermudah Anda dalam meneliti kesiapan acara, silakan simak beberapa wedding list berikut ini.

1.      Rentang Waktu 2-3 Bulan Sebelum Hari H

Hal pertama yang dapat Anda persiapkan dalam rentang waktu sekitar 2 hingga 3 bulan sebelum hari H yakni mempersiapkan dokumen administratif untuk pernikahan. Anda dapat memulai menyiapkan dokumen yang dibutuhkan, seperti mengisi formulir pendaftaran pernikahan yang telah disediakan oleh KUA. Anda pun dapat melakukan cek kesehatan yang dikhususkan bagi para calon suami isteri. Selain mempersiapkan dokumen yang diperlukan, pada jangka waktu ini Anda pun dapat mulai mempersiapkan konsep acara yang akan digelar.

2.      1,5 Bulan Sebelum Hari H

Lanjut pada jangka waktu sekitar 1,5 bulan sebelum hari H, Anda dapat mulai mempersiapkan siapa saja yang akan diundang dalam acara pernikahan. Disamping itu, jasa catering mana yang akan Anda dapuk pun dapat mulai dipersiapkan dalam waktu tersebut. Bahkan, sewa tenda di bogor pun bisa Anda lakukan pada jangka waktu ini mengingat biasanya harus melakukan booking terlebih dahulu pada penyedia jasa.

3.      Jangka Waktu 1 Bulan Sebelum Hari H

Saat mendekati hari H pernikahan, yakni tepatnya pada jangka waktu 1 bulan. Anda dapat mulai mendesain undangan dan langsung menyebarnya ke para tamu undangan. Tak hanya sampai disitu saja, Anda pun bisa mulai mencari cincin pernikahan yang sesuai lengkap beserta souvenir yang Anda inginkan sebelumnya. Jika Anda dan pasangan memiliki keinginan untuk pergi honeymoon tak ada salahnya untuk mempersiapkannya sejak jangka waktu tersebut.

4.      Rentang Waktu 2–3 Minggu Sebelum Hari H

Melanjutkan pada jangka waktu dua hingga tiga minggu, Anda dapat mencoba merileksasikan tubuh dengan menjalani perawatan khusus calon pengantin. Disamping itu, Anda pun bisa langsung memeriksa semua pesanan yang sudah di booking sebelumnya, meliputi sewa tenda di bogor, jasa catering, rias makeup, baju pengantin dan hal lainnya. Jika ada waktu senggang Anda bisa melakukan uji rias makeup lengkap dengan baju pengantinnya.

5.      Satu Minggu Sebelum Hari H

Menjelang hari H pernikahan stress bisa saja dialami oleh para calon mempelai. Untuk itu, merileksasikan tubuh dan pikiran sangat dibutuhkan agar hari H dapat terlewati dengan lancar. Pada satu minggu sebelum hari H Anda hanya perlu meneliti dan memastikan kembali bahwa semua persiapan sudah berjalan dengan lancar.

10 Tips Persiapan Pernikahan Agar Lancar

Setelah menyimak penjelasan mengenai wedding list yang harus Anda teliti ketika menyusun acara pernikahan. Ada baiknya Anda harus menyimak tips persiapan pernikahan berikut ini.

1.      Diskusi dan Konsultasikan Pada Keluarga Tentang Rencana Pernikahan

Menjalani prosesi pernikahan mungkin baru pertama kali dilakukan oleh Anda dan pasangan. Hal ini menjadi keterbatasan tersendiri bukan? Untuk itu, meminta pertimbangan pada keluarga dapat membantu Anda mendapatkan acara pernikahan impian.

2.      Atur Budget yang Anda Miliki

Ingat menikah bukan serta merta tentang kemegahan saja. Hal penting yang harus digaris bawahi adalah kesakralan acara. Jadi jangan terlalu memaksakan rangkaian acara tertentu jika budget tidak mencukupi ya.

3.      Persiapkan Konsep dan Tema Acara Pernikahan

Konsep dan tema acara pernikahan menjadi hal yang harus diperhatikan agar pernikahan Anda mempunyai ciri tertentu. Konsep outdoor, indoor, militer maupun adat adalah beberapa contoh yang bisa Anda pikirkan.

4.      Pemilihan Lokasi yang Tepat

Lokasi yang strategis menjadi hal utama yang diperhatikan ketika menyelenggarakan sebuah acara, tak terkecuali pernikahan. Jadi pertimbangkan dengan bijak ya guys.

5.      Susun Jumlah Undangan yang Hadir

Buatlah konsep jumlah tamu yang akan Anda undang. Banyak tidaknya tamu yang diundang tergantung dari kesepakatan bersama, apakah hanya mengundang keluarga dekat saja atau tidak.

6.      Minta Kontribusi Teman atau Saudara Untuk Membantu

Jika Anda termasuk orang yang sibuk, meminta bantuan teman dan saudara menjadi solusi yang bisa Anda coba. Ajaklah mereka menjadi bridesmaid Anda agar persiapan pernikahan Anda menjadi sedikit berkurang.

 

Itu dia penjelasan rinci mengenai wedding list dan beberapa tips persiapan pernikahan yang dapat Anda jadikan referensi. Pastikan untuk menentukan konsep pernikahan dengan matang apakah indoor atau outdoor. Selengkapnya untuk mendapatkan informasi mengenai sewa tenda di bogor, Anda dapat mengakses website Selarastenda.com. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *