Tips Memilih Jasa Tour Guide ke Bali

      No Comments on Tips Memilih Jasa Tour Guide ke Bali

Ketika anda pertama kalinya liburan ke suatu objek wisata di daerah di Indonesia maupun ke luar negri maka anda harus survey dulu mulai dulu survey akomodasi, ongkos, transportasi, penginapan, lokasi dan yang paling penting adalah survey tentang lokasi wisata tersebut.

Banyak cara yang dapat anda lakukan untuk survey tersebut apalagi di jaman modern yang serba digital ini maka informasi apapun akan sangat mudah di akses melalui gadget dari tangan anda dengan menggunakan internet.

Selain dari internet anda juga dapat mencari informasi melalui brosur, media iklan dan media lainnya. Namun ada satu hal yang cukup efisien, mudah dan gampang yaitu dengan cara menyewa jasa tour guide.

Biasanya tour guide sudah tahu dan hafal secara rinci tentang suatu daerah objek wisat tersebut, mulai dari informasi tentang hal-hal yang kecil maupun informasi-informasi penting seputar objek wisata.

Tour guide merupakan profesi yang menjanjikan, apalagi jika anda tinggal di daerah yang memiliki potensi pariwisata yang cukup bagus dan daerah yang memiliki pariwisata unggulan seperti Jogja, Bali dan kota-kota lainnya maka anda berkesempatan untuk mencoba menjadi tour guide di kota anda.

Namun tidak sembarang ora bisa menjadi tour guide, karena tour guide harus mempunyai skill berkomunikasi yang baik, bersikap ramah dan baik terhadap semua orang, menguasai daerah dan sejarah objek wisata, menguasai bahasa lokal, bahasa Indonesia dan bahkan ada beberapa tour guide yang harus memiliki kemampuan berbahasa asing terutama bahasa inggris dan bahasa asing lainnya sesuai permintaan wisatawan.

Dewasa ini banyak agen biro wisata perjalanan yang menyediakan paket liburan plus tour guide sebagai program paket unggulan.

Biasanya program paket tersebut akan di gabung dengan beberapa program paket lain seperti one day trip, paket tour 2 hari 1 malam, paket tour 3 hari 2 malam dan jika anda ingin lebih puas dan banyak mempelajari serta mengetahui lebih dalam tentang sejarah dan keunikan objek wisata daerah yang akan anda kunjungi maka anda dapat memilih Paket Tour 4 Hari 3 Malam beserta Tour guidenya sekalian yang telah disediakan oleh pihak agen biro wisata perjalan.

rgbstock.com

Jika anda ingin merencanakan liburan ke pulau Bali, maka sangat mudah untuk mencari paket wisata maupun tour guide karena di pulau Bali banyak warga-warga lokal yang berprofesi sebagai tour guide.

Namun tidak semua tour guide memiliki track record yang bagus atau tidak semua tour guide berkelakuan baik, bahkan ada yang dengan tega menipu wisatawan untuk meraup keuntungan dia sendiri.

Oleh karena itu jika anda akan liburan ke pulau Bali maka setidaknya carilah jasa tour guide yang sudah berpengalan, terjamin kualitasnya dan dapat dipercaya, di pulau Bali banyak penyedia jasa tour guide dari yang sifatnya pribadi atau perorangan hingga yang tergabung dalam program paket tour wisata.

Tips Memilih Jasa Tour Guide ke Bali

Untuk itu berikut kami berikan tips untuk memilih jasa tour guide sebagai gambaran anda agar anda tidak tertipu oleh tour guide abal-abal. Berikut ini tipsnya :

Pastikan Tour Guide memiliki Ijin Resmi dari Dinas Pariwisata Daerah

Sekarang ini pemerintah daerah di kota-kota dengan destinasi wisata terkenal banyak memiliki tour guide yang mengantongi ijin dari Dinas Pariwisata Daerah setempat, tujuannya adalah agar mendukung pariwisata dan perkembangan wisata di daerah tersebut termasuk salah satunya di pulau Bali.

Oleh karena itu jika anda ingin memilih jasa tour guide maka pastikan bahwa tour guide tersebut memiliki ijin dari Dinas Pariwisata Daerah yang berbentuk surat, anda dapat meminta pihak tour guide untuk menunjukan surat tersebut kepada anda agar anda percaya dan yakin bahwa pihak tour guide telah memiliki ijin yang resmi dari dinas pariwisata daerah setempat.

rgbstock.com

Perhatikan review dari media sosial maupun dari orang yang anda kenal

Tidak hanya hotel, tempat makanan maupun kuliner yang memiliki review namun tour guide juga dapat memiliki review apalagi di jaman sosial media dan era digital yang modern ini.

Untuk itu sebelum anda menyewa jasa tour guide ada baiknya anda mencari tahu lebih dulu melalui internet maupun melalui temen yang anda kenal. Biasanya info dari review di internet dan teman yang anda kenal cukup akurat dan tidak jauh meleset dari kenyataannya.

Bandingkan Harga

Kemudian yang terakhir bandingkan harga antara jasa tour guide yang satu dengan yang lainnya, jangan sampai anda tertipu terutama oleh tour guide yang mematok harga selangit.

Lebih baik anda survey dulu di pasaran dan mencari tau di internet berapa harga pasaran untuk menyewa jasa tour guide.

Dan juga jangan terlalu tergiur dengan harga murah, jika ternyata agen wisata tersebut masih baru atau belum pernah mendapat review positif dari pelanggan.

Demikianlah pembahasan tentang tips memilih jasa tour guide di pulau Bali yang wajib anda ketahui, dengan menggunakan jasa tour guide yang terpercaya maka liburan anda akan lebih aman, nyaman, menyenangkan serta mendapat banyak pengetahuan tentang lokasi wisata yang anda kunjungi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *