Teknik dan Cara Melelehkan Coklat Yang Benar

      No Comments on Teknik dan Cara Melelehkan Coklat Yang Benar

Melelehkan cokelat bisa dibilang gampang gampang susah. Kalau caranya salah, bisa jadi hasilnya tidak sempurna, gosong, pecah bahkan menggumpal. Untuk menghasilkan lelehan maksimal, kamu perlu tahu trik dan cara yang tepat, jangan sampai keliru.

 

Ada beberapa cara untuk melelehkan coklat. Yakni diantaranya, dengan menggunakan slow cooker, sandwich bag. Kamu juga bisa menggunakan microwive untuk memanaskan coklat.Namun jika peralatan dapur diatas tidak tersedia atau terbatas, bisa juga menggunakan peralatan  sederhana yang tersedia didapur.

 

Sediakan saja  pisau, panci yang ukurannya kecil atau sedang, talenan, mangkuk kaca yang lebih besar dari panci, serta tentu saja, kompor. Jangan lupa siapkan coklat batangan yang akan dilelehkan. Coklat jenis ini mudah didapat dipasaran dan harganya relatif lebih murah dibanding coklat yang sudah diolah.

Cara Melelehkan Coklat Yang Benar

Nah, setelah alat dan bahan tersedia. Selanjutnya kamu bisa mulai melelehkan coklat. Berikut langkah-langkahnya.

 

langkah pertama, potong Coklat Kecil-Kecil : Coklat disimpan dikulkas, akan susah meleleh. Tapi kalau kamu sudah terlanjur, keluarkan coklat dari kulkas dan tempatkan di wadah bersih selama beberapa jam sampai coklat tidak lagi dingin atau membeku.

 

Selanjutnya, kamu bisa memotong coklat dengan pisau hingga menjadi bagian bagian kecil atau dengan parutan keju. Potongan kecil ini nantinya memudahkan proses pelelehan coklat.

 

Langkah kedua, Masukan ke Panci : Langkah selanjutnya, sediakan panci kecil yang terisi air sekitar setengah panci. Masak air hingga panas.  Kemudian, sediakan juga mangkuk kaca tahan panas yang sudah kamu persiapkan sebelumnya.

 

Bahan mangkuk ini setidaknya terbuat dari material kaca tebal, kuat, serta aman untuk memasak. misalnya merk Pyrex Mixing Bowl. Setelah mangkuk disiapkan, selanjutnya masukan potongan coklat ke mangkuk tadi. kemudian, taruh mangkuk ke dalam panci. Tinggi mangkuk sebaiknya sama atau lebih tinggi dari bagian atas panci.

 

Langkah Ketiga, aduk hingga Meleleh : Di tahap ini kamu harus mengaduk coklat sampai meleleh.

 

Untuk dark dan milk cokelat, lelehkan memakai api sedang. Sementara cokelat putih atau cokelat berwarna, lelehkan di dengan api kecil. Coklat jangan sampai kena air mendidih dan terkena uap air karena bisa menyebabkan coklat menggumpal.

 

Selesai : akhirnya, sekarang coklat sudah meleleh. Selanjutnya kamu bisa mengkreasi lelehan coklat untuk membuat berbagai makanan maupun untuk resep celupan atau digabung dengan resep lain. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *