Sisi Menarik dari Kabupaten Jombang

      No Comments on Sisi Menarik dari Kabupaten Jombang

Kabupaten Jombang merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten ini juga mempunyai luas wilayah hingga 1.159,50 km2. Sedangkan untuk penduduknya sebanyak 1.201.557 jiwa cukup banyak apalagi selalu mengalami pertumbuhan penduduk setiap tahunnya. Posisi dari kabupaten ini terletak di wilayah yang sangat strategis yakni berada di persimpangan jalur lintas utara dan juga selatan bagian Pulai Jawa, selain itu terletak di beberapa jalur utama lainnya. Sehingga ketika ingin menuju kabupaten ini sangat mudah aksesnya.

Sisi menarik dari Kabupaten Jombang adalah sebutannya sebagai Kota Santri. Jombang disebut juga sebagai Kota Santri karena di wilayah tersebut terdapat banyak sekali pendidikan Islam atau yang lebih dikenal dengan pondok pesantren. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa Jombang sebagai salah satu pusatnya pondok pesantren yang ada di Jawa. Hal tersebut dikareakan hampir seluruh pendiri berbagai pondok pesantren yang berada di berbagai wilayah pasti pernah berguru di Jombang. Beberapa pendok pesantren yang terkenal di Jombang adalah Tebuireng, Denanyar, Tambak Beras, dan juga ada Darul Ulum.

Kabupaten Jombang juga menjadi salah satu wilayah yang melahirkan banyak tokoh terkenal di Indonesia. Bahkan Presiden Indonesia yang ke-4 berasal dari Jombang dan beberapa tokoh – tokoh penting lainnya yang dilahirkan dari Jombang. Sangat wajar jika Jombang terkenal di berbagai wilayah karena mempunyai sisi menarik dibaliknya. Nama Jombang mempunyai arti tersendiri yakni berasal dari bahasa Jawa yakni Ijo. Ijo sendiri mempunyai arti hijau sedangkan abang berarti merah. Jombang terdiri dari dua kata yang bermakna yakni Ijo dan Abang. Ijo sendiri mewakili kaum santri atau lebih ke agamis. Sedangkan untuk Abang atau merah adalah mewakili kaum abangan atau nasionalis. Sisi menarik itulah yang menjadi hal yang menarik dari Kabupaten Jombang. Kabupaten Jombang terkenal sebagai Kota Santri dan juga sebagai tempat lahirnya para tokoh – tokoh penting nasional. Selain itu masih banyak sisi menarik lainnya dari Kabupaten Jombang yang penting untuk disimak masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *