Sejarah dan Fakta Menarik Tentang Sungai Ciliwung

      No Comments on Sejarah dan Fakta Menarik Tentang Sungai Ciliwung

Sungai Ciliwing merupakan salah satu sungai yang sangat terkenal dan sering kita dengar sebagai salah satu sungai yang sering menyebabkan banjir tahunan di Jakarta. Sungai ini memiliki panjang sekitar 120 KM dan memiliki daerah aliran sungai sampai 387 km persegi.

Tentang Sungai Ciliwung

Sungai Ciliwing juga mencakup beberapa wilayang seperti Bogor, Depok dan Jakarta. Hulu sungai ini terletak di perbatasan Bogor dan Cianjur, lebih tepatnya di Gunung Pangrango, Gunung Gede dan daerah Puncak.

Sungai ciliwing ini bermuara di Luar Batang atau tepatnya di dekat Pasar Ikan. Dibagian Barat, DAS Ciliwing memiliki perbatasan dengan DAS Cisadane, DAS Kali Krukut dan DAS Kali Grogol. Sedangkan di bagian timur, DASnya berbatasan dengan DAS Kali Cipinang dan DAS Kali Sunter.

Sejarah

Menurut sejarah, sungai Ciliwung menjadi tempat peradaban tertua di dalam sejarah Jakata. Karena dikabarkan di sepanjang daerah aliran sungai Ciliwing ini teradapat peninggalan pra sejarah. Salah satu penemuan di daerah ini yaitu kapak perimbas.

Fakta Menarik

  • Sungai ini dimanfaatkan untuk mengendalikan banjir, tepatnya di daerah Manggarai aliran sungai ini dimanipulasi untuk menjadi pengendali banjir. Jalur asli dari sungai ini harusnya mengalir melalui daerah Gambir, Gandangdia, dan Cikini.
  • Sungai Ciliwing mengalami perusakan paling parah dibanding sungai lain yang mengaliri kawasan yang ada di Jakarta.
  • Sungai ini telah mengalami penyempitan dan pendangkalan yang membuat daya tampung air sungai menjadi menyusut, sehingga sungai ini sering menyebabkan banjir di Jakarta dan sekitarnya.
  • Sungai ini pada jaman kerajaan Padjajaran menjadi salah satu jalur transportasi utama.
  • Dahulu kala sungai ini airnya bening dan dapat di minum, tepatnya sebelum tahun 1960an.
  • Sempat dijuluku Vinesia dari Timur, karena pada jaman VOC. Para kompeni Belanda sungai ini dibangun kanal-kanal untuk tempat lalulintas kapal dagang VOC.
  • Terapat lebih dari 200 jenis ikan lebih yang ada di Sungai Ciliwung.
  • Menurut mitos yang dipercaya masyarakat terutama orang jaman nenek kakek kita, sungai ini didiami oleh Kura-kura Raksasa.
  • Kerberadaan sungai ini semakin terancam, karena semakin tahun sungai ini semakit surut di musim panas dan akan bancir saat hujan. Selain itu terjadi pencemaran lingkungan yang sangat serius.

Itulah beberapa sejarah singkat dan fakta menarik tentang sungai ciliwung yang dapat kami kabarkan untuk Kalian semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *