Mengetahui Mengenai Proses Loading dan Unloading barang

Pengiriman barang tentu merupakan hal yang sudah biasa kita dengar. Bahkan bukan hanya dengar saja. Anda pastinya juga pernah melakukan pengiriman barang. Minimal pasti pernah melakukan pengiriman barang dengan skala kecil. Proses pengiriman barang yang anda lakukan tentu bisa dibilang tidaklah terlalu sulit. Anda harus mulai dengan membungkus barang anda dengan aman. Hal ini memang penting untuk menghindari kerusakan barang yang tak di inginkan. Jika barang sudah dibungkus dengan aman maka jangan lupa tambahkan buble warp untuk pengamanan ekstra. Setelah itu bungkus barang anda dengan rapi.

Jangan lupa untuk memberikan keterangan penerima dan juga pengirim pada paket yang anda kirim ini bertujuan agar kurir yang mengantar paket tersebut tidak mengalami kesulitan. Hal tersebut tentu adalah tata cara bagaimana melalukan pengiriman barang dengan skala kecil yang baik dan benar. Kemanapun anda mengirimnya baik dalam maupun luar negeri. Cara yang disebutkan tadi merupakan salah satu cara yang paling tepat. Lalu bagaimana jika proses pengantaran barang? Terutama barang yang begitu banyak dan biasa digunakan untuk ekspor dan juga impor. Tentu caranya berbeda untuk setiap jasa trucking Jakarta dan juga dengan yang tadi anda pelajari.

pexels.com

Proses loading barang

Anda mungkin penasaran dengan proses pengiriman barang ekspor dan juga impor. Untuk prosesnya memang ada persamaan dengan pengiriman barang pada umumnya. Karena barang akan dikirimkan ke tangan si penerima. Perbedaannya adalah pada saat proses loading dan unloading. Hal ini dikarenakan proses ekspor dan impor abrang biasanya menggunakan kontainer atau juga peti kemas. Ini berkaitan dengan jumlah abrang ekspor dan impor ya g begitu banyak. Selain menggunakan kontainer, kapal cargo juga menjadi kendaraan utama yang membawa barang tersebut menuju negara tujuan.

Proses loading atau bisa anda sebut dengan proses muat dimulai dengan truck kontainer yang sudah meletakkan muatannya di dermaga. Setelah peti kemas sudah diletakan di dermaga maka proses loading dimulai dengan menggunakan crane. Baik carane yang ada di dermaga maupun di kapal. Seteah crane di operasikan maka peti kemas tersebut akan disiapkan dengan tali tali yang di ikatkan di pengait pada crane. Jika proses tersebut sudah selesai maka crane akan segera memindahkan peti kemas tersebut ke dalam kapal cargo. Jika peletakan peti kemas di dalam kapal cargo sudah sesuai dan benar maka tali tadi akan dilepaskan dan proses loading akan berlanjut dengan peti kemas lainnya.

pexels.com

Proses unloading barang

Ada proses loading tentu juga ada proses unloading. Kedua hal tersebut memang tidak bisa dipisahkan. Jika sebelumnya membahas bagaimana cara kerja porses muat atau yang biasa juga disebut dengan loading. Maka seakrang adalah proses bongkar yaitu unloading. Proses unloading barang memang tidak berbeda jauh dengan proses laoding. Hal ini dikarenakan proses tersebut masih menggunakan crane dermaga untuk melakukannya. Lalu bagaimana proses kerjanya? Berikut adalah penjelasannya.

Saat kapal cargo sudah sampai di dermaga dan siap untuk bongkar. Maka proses unloading bisa dilakukan. Ini dimulai dengan crane dermaga yang akan menurunkan tali dan juga pengait yang berada pada ujungnya. Jika tali tali tersebut sudah diturunkan maka hal yang dilakukan selanjutnya adalah mengikat peti kemas dengan tali tersebut. Jika proses tersebut sudah selesai maka crane dermaga akan memindahkan peti kemas tersebut. Biasanya bisa langsung dipindahkan ke truk kontainer yang sudah bersiap. Atau juga bisa ditempatkan di tempat yang sudah disediakan. Jika peti kemas sudah diturunkan di tempat yang sesuai. Maka proses unloading telah selesai dilakukan.

Perusahaan Jasa Ekspedisi dan Trucking yang Siap melayani anda

Proses loading dan unloading barang pada dermaga sudah anda pelajari. Proses tersebut tentu biasanya digunakan untuk proses pengiriman barang antar pulau atau luar negeri. Namun jika anda berminat dalam dunia ekspor dan impor maka anda tak akan terlalu sulit dalam melakukannya jika bisa menemukan partner yang tepat. Tentu partner yang dimaksud adalah partner ekspedisi yang bisa di andalkan baik untuk ekspor maupun untuk impor. Berbicara mengenai partner yang tepat tentu tak ada yang lebih baik jika dibandingkan dengan sjg logistik.

Sjg logistik sendiri merupakan salah satu perusahan ekspedisi yang mempunyai spesialis dalam ekspor dan juga impor barang. Memilih sjg logistik sebagai rekan kerja anda dalam melakukan ekspor dan impor adalah pilihan yang teapt. Bahkan sekalipun jika anda merupakan orang yang baru dalam duni ekspor impor maka tak perlu khaatir. Karena sjg logistik sanggup untuk membantu anda mengurus dokumen yang diperlukan untuk ekspor dan impor. Mulai dari pajak, bea cukai, dan juga berbagai sertifikat lainnya yang dibutuhkan untuk melakukan hal tersebut. Yang anda butuhkan tentu adalah berkonsultasi dengan sjg logistik terlebih dahulu.

Semua ini tentu bisa membuat kita menyimpulkan kalau SJG logistic merupakan pilihan terbaik bagi mereka yang ingin mencoba melakukan pengiriman barang menggunakan jasa pengiriman terbaik. SJG logistic adalah salah satu rekomendasi kami yang pastinya tidak akan mengecewakan teman teman semua.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *