Penjelasan dan Pengertian Kata Pengantar

      No Comments on Penjelasan dan Pengertian Kata Pengantar

Dalam penulisan sebuah naskah, entah itu novel, laporan praktikum, penelitian ilmiah, skripsi, tesis dan berbagai jenis karya tulis lain, sudah barang pasti terdapat halaman yang berisi kata pengantar. Umumnya, di halaman depan sebelum daftar isi terdapat sebuah kata pengantar.

Kata pengantar biasanya berisi tentang hal-hal yang berkaitan dengan tulisan tersebut semisal ucapan syukur, tujuan tulisan atau ucapan terima kasih dari si penulis. Memang seringkali kata pengantar tidak di perhatikan oleh pembaca. Meski demikian, kata pengantar tetap harus di tulis sebagai kelengkapan dari sebuah naskah atau dokumen karya tulis.

Definisi kata pengantar

Sebelum membahas lebih dalam mengenai kata pengantar, terlebih dahulu akan kita uraikan makna dari kata pengantar. Kata pengantar secara mudah bisa di definisikan dengan halaman yang berisi sepata kata dari penulis terhadap karya yang ia tulis.

Atau bisa juga di artikan sebagai kata awal yang mengantarkan pembaca menuju halaman utama dari karya tulis tersebut. Kurang lebih seperti itu makna atau arti dari kata pengantar.

Unsur kata pengantar

Di dalam sebuah kata pengantar, umumnya terdiri dari tiga bagian atau unsur. Berikut ini adalah tiga unsur yang menyusun sebuah kata pengantar.

1. Pembuka

Pembuka dalam kata pengantar biasanya terdiri dari ungkapan rasa syukur penulis kepada tuhan yang maha esa setelah berhasil membuat karya tulis tersebut.

2. Isi

Bagian isi dalam kata pengantar menguraikan tentang seluk beluk dan tujuan utama dari karya tulis tersebut. Mulai dari judul, tujuan di buat dan lain sebagainya.

3. Penutup

Bagian penutup dalam sebuah kata pengantar biasanya menguraikan tentang ucapan rasa terima kasih dari penulis kepada berbagai pihak baik perorangan atau kelompok yang telah membantu dalam menyelesaikan karya tulis tersebut.

stocksnap.io

Cara menyusun kata pengantar

Berikut akan kami jelaskan secara ringkas bagaimana cara menyusun sebuah kata pengantar. Simak penjelasan dari artikel di bawah ini.

1. Ungkapan syukur

Pertama kamu harus menuliskan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan yang maha esa. Sebagai contoh seperti ini, ” Puji syukur atas karunia Tuhan yang maha esa sehingga penulis bisa menyelesaikan Novel yang berjudul “Menjadi Prasasti”.

2. Mendeskripsikan singkat

Hal berikutnya yang harus kamu tulis adalah deskripsi singkat tentang inti dari tulisan mu.

3. Ucapan terima kasih

Hal berikutnya yang umum di tulis dalam sebuah kata pengantar adalah ucapan terima kasih dari penulis kepada berbagai pihak yang bersangkutan dengan karya tulis.  Kamu bisa menulis nama-nama orang atau lembaga yang di rasa berperan penting dalam karya tulis mu.

4. Harapan

Hal terakhir yang biasanya di tulis dalam kata pengantar adalah harapan dari penulis terhadap karya tulis yang telah ia selesaikan.

stocksnap.io

Fungsi kata pengantar

Meskipun sering di marjinalkan dalam sebuah karya tulis karena kerap kali tidak di perhatikan oleh pembaca, namun kata pengantar memiliki fungsi tersendiri dalam sebuah karya tulis. Berikut ini beberapa fungsi dari kata pengantar dalam sebuah karya tulis.

  1. Kata pengantar berfungsi sebagai penjelasan singkat tentang isi dari karya tulis tersebut.
  2. Kata pengantar berfungsi sebagai arahan atau sambutan awal dari penulis kepada pembaca nya.
  3. Kata pengantar berfungsi sebagai wujud ungkapan rasa terima kasih. Entah kepada Tuhan atau juga kepada semua pihak yang berkaitan dengan karya tulis.
  4. Kata pengantar berfungsi sebagai penjelasan mengenai seluk beluk karya tulis.
  5. Kata pengantar berfungsi sebagai elemen yang membuat sebuah karya tulis menjadi lebih sempurna.

Contoh kata pengantar

Berikut ini akan kami berikan beberapa contoh kata pengantar yang bisa jadi referensi mu dalam menulis kata pengantar.

Contoh kata pengantar 1

Puji syukur tak henti saya panjatkan pada Allah SWT yang telah melimpahkan karunia NYA sehingga saya bisa menyelesaikan sebuah Novel yang saya beri judul ” Menjadi Prasasti”.

Saya menyadari Novel ini jauh dari kesempuraaan dan masih banyak terdapat kekeliruan. Tak lupa juga saya ucapkan terima kasih kepada berbagai pihak, terutama dari pihak penerbit Lestari Literasi yang berkenan memproduksi novel ini.

Tanpa mengurangi rasa hormat, saya atas nama pribadi juga mengucapkan maaf dan terima kasih kepada pihak-pihak yang ikut membantu dalam penulisan Novel ini dan tidak bisa saya sebutkan satu persatu nama nya.

Akhir kata, semoga Novel ini bisa menjadi manfaat, paling tidak sebagai hiburan bagi para pembaca.

Purwokerto, 7 Mei 2019

Waluyo

stocksnap.io

Contoh kata pengantar 2

Puji syukur tak henti penulis panjatkan kepada Tuhan yang maha esa atas segala karunia dan rahmat yang berlimpah sehingga penulis dapat menyelesaikan sebuah laporan praktikum dengan judul Dampak Buruk Sampah Plastik Untuk Alam.

Laporan praktikum ini penulis buat sebagai syarat yang di haruskan kepada siswa sekolah kelas akhir sebagai media pembelajaran menulis laporan. Penulis menyadari dalam karya tulis laporan praktikum ini masih terdapat banyak kekeliruan dan jauh dari kata sempurna.

Tak lupa juga penulis ucapkan terima kasih sedalam-dalamnya kepada semua pihak yang membantu penulis menyelesaikan laporan ini tepat waktu.

Akhir kata, semoga laporan praktikum ini bisa bermanfaat bagi penulis sendiri dan juga bagi semua orang yang membaca laporan ini.

Purwokerto, 15 April 2019

Tim Penyusun

Nah itulah sekilas mengenai kata pengantar. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *