Penyebab, Akibat dan Penanggulangan Pencemaran tanah

Tanah nampak gersang atau tidak lagi subur? bisa jadi tanah tersebut sudah tercemar. Jika tanah sudah tercemar, maka akan berdampak buruk. Ekosistem akan rusak dan pertanian tidak akan maksimal.

Pencemaran tanah diartikan sebagai tercemarnya tanah baik bawah tanah maupun permukaanya oleh kontaminan maupun polutan. Penyebab pencemaran tanah bisa dari manusia maupun alam.

Bila tanah terpolusi, bisa mengakibatkan gangguan ekosistem bahkan kesehatan manusia ikut terganggu. Manusia bisa terpapar berbagai penyakit mulai dari tanah yang tercemar. Mulai dari penyakit ringan sampai yng cukup serius seperti kanker.

Pencemaran tanah kini menjadi persoalan serius yang juga memerlukan penanganan serius.

Meski pencemaran tanah berdampak buruk bagi lingkungan, manusia dan organisme lain, namun pencemaran tanah bisa diminimalisir atau dicegah dengan berbagai upaya sederhana yang bisa kita terapkan sehari-hari. Berikut ini artikel lengkap mengenai pencemaran tanah.

Pengertian Pencemaran Tanah

Pencemaran tanah bisa diartikan sebagai terkontaminasinya tanah oleh bahan bahan kimia (kontaminan maupun polutan) dengan kapasitas berlebihan di dalam tanah. Hal ini bisa mengakibatkan tercemar dan rusaknya keseimbangan ekosistem dan mengganggu  kesehatan manusia maupun organisme lain.

Menurut kamus britannica, pencemaran tanah atau polusi tanah adalah mengendapnya bahan kimia baik cair maupun padat di bawah tanah maupun dipermukaan tanah. Bahan bahan kimia ini mencemari tanah dan air tanah. Menyebabkan kesehatan masyarakat terancam, kondisi tanah dan ekosistem menjadi terganggu dan tidak indah dipandang. Polusi tanah merupakan salah satu dari pencemaran lingkungan.

pexels.com

Penyebab Pencemaran Tanah

Ada dua sumber utama terjadinya pencemaran tanah, yakni penyebab alami dan ulah tangan manusia (antropogenik).

  • Pertama, penyebab pencrmaran tanah secara alami. Pencemaran tanah dapat terjadi melalui proses alamiah. Proses alami ini dapat memicu terkonsentrasinya bahan bahan kimia berbahaya dan beracun di dalam tanah. Kasus pencemaran tanah secara alami bisa dibilang cukup langka. Bisa dijumpai di gurun Afamaca di Cile. Dimana tanah terkontaminasi secara alamiah disebabkan akumilasi tingkat proklorat lebih tinggi. Akumulasi ini terjadi secara murni dan alamiah di lingkungan tanah gersang.
  • Kedua, penyebab pencemaran tanah akibat ulah manusia. Bisa dibilang, manusia adalah penyebab utama terjadinya pencemaran tanah. Manusia mengolah tanah dengan baham bahan kimia berbahaya perusak tanah baik bahan organik maupun anorganik. Biasanya, pencemaran tanah dilakukan manusia melalui aktivitas industri, membuang limbah dan sampah sembarangan, dan kegiatan pertanian dengan menggunakan pestisida.

Jenis Pencemaran Tanah

Pencemaran tanah disebabkan jenis kontaminan dan polutan. Kontaminan tanah merupakan semua bahan atau produk yang dapat mencemari tanah. Seperti kegiatan pertanian dengan menggunakan pestisida, limbah industri dan rumah tangga. Serta emisi gas radioaktif beracun yang mencemari tanah.

Sedangkan jenis polutan utama yang mencemari tanah yakni agen biologis dari aktivitas manusia seperti pupuk kandang, kotoran manusia, kotoran burung. Juga praktek pertanian dengan menggunakan pestisida, herbisida, pupuk, kotoran.

Pencemaran tanah juga disebabkan pola radioaktif seperti thorium, uranium, radium, nitrogen yang beracun yang menyusup ke tanah.

Pencemaran tanah akibat limbah perkotaan dan industri. Misalnya limbah komersial dan rumah tangga. Serta limbah industri juga dapat mencemari tanah yakni baja, tekstil, pestisida, kaca, minyak bumi, semen, obat obatan, kilang minyak, pabrik gula, pabrik kertas, dan masih banyak lagi.

Pixabay.com

Akibat Pencemaran tanah

Pencemaran tanah dapat menyebabkan kerusakan ekosistem dan lingkungan. Serta berdampak juga bagi kesehatan manusia. Efek pencemaran tanah bagi kesehatan bervariasi, tergantung kondisi kesehatan, usia, dan faktor lainya serta bergantung juga dengan jenis polutan maupun kontaminan yang tertelan maupu. Terhirup.

Bagi anak anak, bisa jadi lebih rentan terhadap paparan pencemaran tanah karena umumnya mereka biasa bermain tanah, serta daya tahan tubuh terhadap penyakit masih rendah dibandingkan orang dewasa.

Penyakit akibat pencemaran tanah

Manusia bisa terkena penyakit jika terpapar kandungan tanah yang telah tercemar. Seperti penyakit sakit kepala, kelelahan, ruam kulit, iritasi mata dan mual. Selain itu, juga berpotensi mengakibatkan kerusakan ginjal, kerusakan hati, penyumbayan neuromuskular dan bermacam macam kanker.

Cara menanggulangi pencemaran tanah

Ada beberapa cara untuk menanggulangi pencemarsn tanah yang bisa dilakukan sehingga tidak menimbulkan dampak kerusakan ekosistem dan kesehatan terjaga. Berikut upaya penanggulangan yang bisa dilakukan :

  1. Mengurangi penggunaan pupuk kimia dan pestisida untuk pertanian.
  2. Mempraktekan dan mensosialisasikan konsep reduce, recycle dan reuse.
  3. Mengajari anak anak untuk buang sampah dengan benar pada tempatnya, tidak buang sampah di tanah.
  4. Mengurangi atau menghindari beli barang kemasan karena biasanya barang barang tersebut tidak ramah lingkungan.
  5. Menggunakan produk produk yang mudah terurai secara alami di dalam tanah.
  6. Membuat tempat pembuangan sampah jauh dari lingkungan perumaha .
  7. Melakukan aktivitas berkebun atau bertani secara organik, menghindari cocok tanam menggunakan pestisida.

Demikianlah artikel mengenai pencemaran tanah, semoga informasi ini menambah wawasan kita semua dan mudah mudahan bermanfaat. Kita bisa menanggulangi pencemaran tanah dengan cara sederhana sehari hari yang kita bisa.

Dengan menjaga tanah dari pencemaran, kita ikut menjaga lingkungan demi Hidupsimpel lebih baik untuk sekarang dan masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *