6 Jenis Oven Untuk Usaha Rumahan Yang Bisa Diandalkan

usaha sendiri di rumah, bisa menjadi impian bagi sebagian ibu rumah tangga. Selain mampu menghasilkan tambahan dana untuk kebutuhan harian, membuka usaha sendiri di rumah mampu mengusir rasa bosan setelah mengerjakan tugas utama menjadi seorang istri. Terutama di kota  besar, para ibu rumah tangga terus berkarya, salah satunya adalah menjajakan kuliner yang dioven terlebih dahulu. Berikut oven untuk usaha rumahan untuk bisnis rumahan.

Mengenal Oven Untuk Membuka Usaha

Usaha Kue Yang Semakin Meningkat

Membeli sebuah oven untuk memulai sebuah usaha kuliner, merupakan pilihan tepat. Terutama ketika anda ingin membuka kuliner dalam bidang oleh oleh seperti kue khas daerah anda. Sebab, kini bisnis kue banyak dilirik dan semakin meningkat setiap tahunnya. Selain rasanya yang tiada dua, kue diangap bisa dijadikan sebagia pengganti nasi karena mampu menghasilkan rasa kenyang setelah menyantapnya.

Kue disebut sebagai jajanan simpel namun miliki gizi yang dibutuhkan tubuh. Terlebih jika kue yang dibuat, terdiri dari bahan alami tanpa pengawet dan pewarna buatan. Sehingga , tidak mengeherankan bila bisnis satu ini mampu mendongkrak perekonomian di daerah sekitarnya. Banyak dari para ibu rumah tangga yang meminati usaha jenis ini, sebagai pekerjaan sampingan yang menjanjikan.

pxhere.com

Salah satu kebutuhan untuk membuat kue adalah mesin oven. Dengan memilih oven untuk usaha rumahan yang sesuai dengan kebutuhan, maka hasil kue akan maksimal. Jenis oven untuk usaha rumahan, dibagi menjadi beberapa macam, mulai dari oven tangkring hingga oven microwave dengan kecanggihan yang ditawarkan. Semua jenis oven, memiliki fungsi yang berbeda, sehingga sebelum membelinya, pastikan sesuai kebutuhan.

Bisnis seperti ini bnayak diminati oleh segala kalangan, terutama bagi mereka yang memiliki kemampuan khusus dalam membuat kue. Keuntungan dari menjajakan kue khas, ternyata dilirik oleh beberapa artis di tanah air. Bahkan tidak jarang, produk kue tertentu ternyata dimiliki oleh para orang terkenal tersebut. Dengan ketenaran yang dimiliki, membuat usaha mereka lebih cepat terkenal dan laris dipasaran.

Jenis Oven Untuk Usaha

Bagi yang tertarik membuat jajanan kue kering, bisa menggunakan oven listrik sebagai alat memasaknya. Tidak hanya kue kering, namun bisa digunakan untuk membuat hidangan lainnya seperti roti, cake, ayam panggang, dan masih banyak lagi.  Penggunaan mesin satu ini dianggap lebih praktis, karena mampu menjaga kestabilan panas dan menyebar ke seluruh penjuru tempat oven. Ketika panas menyebar dengan sempurna, maka makanan akan matang merata.

Dengan kecanggihan teknologi, membuat mesin pemanggang telah dilengkapi fitur untuk mengatur waktu dan suhu yang diperlukan. Untuk mendongkrak pembelian, tampilan oven untuk usaha rumahan ini dibuat menarik dengan sentuhan desain modern. Apabila proses pemanggangan selesai, oven listrik akan mengeluarkan bunyi otomatis. Sehingga selama proses pemanggangan, anda bisa melakukan pekerjaan lainnya.

pxhere.com

Karena mesin menggunakan tenaga listrik , ada baiknya memperhatikan kapastitas listrik yang dimiliki oleh rumah hunian. Ada baiknya memilih oven yang tidak terlalu memakan daya listrik tinggi, agar pengeluaran bisa ditekan untuk membeli pengeluaran lainnya. Apabila memaksakan menggunakan oven dengan daya tinggi, maka tegangan listirk akan mati seketika. Oleh karena itu, perhatikan daya lsitrik yang ada pada mesin sebelum membelinya.

Bagi anda yang ingin memasak masakan yang mengandung air, ada baiknya menggunakan oven microwave. Untuk sumber energinya sendiri, mesin canggih tersebut menggunakan listrik.  Walaupun sama sama menggunakan listrik untuk mengisi tenaganya, namun fungsi oven satu ini berbeda dengan oven listrik. Pada oven microwave, listrik nantinya akan dihasilkan dari gelombang listrik yang memiliki frekuensi tinggi.

Ketika frekuensi tinggi telah memenuhi ruang oven, maka gelombang listrik akan berubah menjadi energi panas untuk memasak makanan yang mengandung air. Ketika menggunakan oven untuk usaha rumahan ini, anda tidak perlu khawatir akan air yang akan merusak mesin. Justru mesin ini, sangat cocok digunakan untuk jenis masakan yang mengandung air di dalamnya.

Jika tadi membicarakan mesin canggih berteknologi listrik, kini saatnya untuk membicarakan mesin oven manual ala jaman dahulu yang bernama oven tangkring . Bahasa tangkring tersebut, diadaptasi dari kata nangkring yang berarti berada di atas.  Maksudnya, mesin satu ini akan berfungsi jika diletakkan di alat pemanas seperti kompor  atau diletakkan di bara api. Untuk bahan dasarnya, mesin satu ini terbuat dari aluminium atau besi sehingga aman digunakan.

pxhere.com

Model bagian atas oven tangkring berbentuk cekung, yang berfungsi meletakkan arang panas. Untuk para pemula, jenis oven untuk usaha rumahan ini cocok digunakan dan memiliki harga terjangkau. Namun karena tidak dilengkapi dengan teknologi canggih, anda perlu memperkirakan sendiri kapan waktu masakan telah matang. Untuk melakukannya, anda perlu mengeceknya berulang kali agar masakan tidak gosong.

Mesin oven tradisional lainnya yang tidak kalah pamornya adalah oven gas. Mesin satu ini menggunakan energi gas untuk bahan bakarnya. Pada umumnya, gas model ini lebih banyak digunakan untuk memanggang ue, roti, pizza, dan sejenisnya. Hanya saja, mesin satu ini telah memiliki fitur pengoperasian otomatis. Ketika menggunakan oven gas, masakan akan matang merata tanpa ada salah satu bagian yang gosong.

Alasan kenapa mesin ini mampu menghasilkan masakan tanpa gosong, adalah oven telah dilengkapi dengan sistem pengapian yang terletak di bagian bawah. Kue juga akan tersusun dengan rapi, karena kue yang dioven diletakkan pada deck atau rak. Oven satu ini, bisa menjadi pilihan tepat agar hasil masakan matang merata. Ketika tidak  ada bagian yang gosong, maka kenikmatan masakan akan terjaga dengan baik.

Ketika ada oven gas, maka ada varianlainnya yang bernama oven gas manual. Seperti namanya, oven untuk usaha rumahan ini menggunakan bahan bakar dari gas. Keuntungan dari menggunakan mesin ini, adalah lebih hemat listrik. Salah satu keuntungan lainnya adalah, panas yang dihasilkan tidak akan mudah hilang. Sebab, oven terbuat dari bahan isolator di setiap dindingnya.  Agar semakin praktis, terdapat thermometer untuk megukur suhu yang ada.

Membuka usaha dari kelebihan yang dimiliki, memang menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Belum lagi jika hasil masakan, dapaat diterima oleh lidah orang lain sehingga banyak disukai. Agar hasil masakan maksimal, perlu memperhatikan jenis oven yang digunakan. Sebab setiap oven memiliki fungsi berbeda, sehingga perlu disesuaikan dengan kebutuhan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *