Mengenang Habib Mundzir Al Musawwa Pemimpin Majelis Rasulullah SAW

Banyak cara dilakukan untuk mengenang Habib Mundzir Al Musawwa. Salah satu ulama besar Indonesia yang saat berdakwah sering sekali dihadiri oleh tokoh-tokoh besar Indonesia. Bahkan banyak yang mengatakan jika Habib Mundzir adalah salah satu ulama yang sangat dicintai dan dihormati oleh mantan Presiden SBY.

Habib Mundzir bin Fuad al-Musawa atau yang lebih dikenal dengan Habib Mundzir Al Musawwa lahir di Cipanas, Cianjur, Jawa Barat pada 23 Februari 1973. Dan Beliau menghembuskan nafas terakhirnya pada 15 September 2013 pada umur 40 tahun.

Pendidikan Habib Mundzir Al Musawwa

Habib Mundzir Al Musawwa oleh ayah handanya dimasukkan ke sekolah Negeri sampai SMA. Di sekolah, Habib Mundzir dikenal memiliki prestasi yang unggul dalam belajar. Meskipun demikian, dalam kesehariannya Beliau sering membantu ibundanya mengurus penginapan. Dan dari rutinitas ini justru membuat Beliau akrab dengan para Habaib.

Habib Mundzir Al Musawwa memperdalam ilmu agamanya di Ma’had Al Khairat yang ada di Bekasi Timur yang diasuh oleh Habib Naqib bin Muhammad bin Syehk Abu Bakar bin Salim. Dan di Ma’had inilah Beliau mengenal Habib Umar bin Hafidz.

Setelah dari Ma’had Al Khairat, pada tahun 1994Habib Mundzir memutuskan untuk memperdalam ilmu agamanya di Ma’had Darul Musthafa yang diasuh oleh Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz bin Syech abubakar bin Salim yang ada di Tarim Hadhramaut Yaman.

Selama empat tahun di Pesantren milik Habib Umar bin Hafidz ini, Habib Mundzir mendalami ilmu tauhid, ilmu tafsir Alquran, ilmu hadis, ilmu fiqh, ilmu sejarah, ilmu tasawuf, ilmu dakwah, mahabbaturrasul, dan ilmu-ilmu syariah lainnya.

Dakwah Habib Mundzir Al Musawwa

Di Indonesia nama Habib Mundzir Al Musawwa terbilang sangat populer. Habib Mundzir ini merupakan pimpinan dari Majlis Rasulullah SAW yang memiliki ribuan jama’ah. Habib Mundzir juga dikenal sebagai sosok ulama yang sederhan serta sabar dalam menyampaikan dakwahnya.

Selain itu jangkauan dakwahnya tersebar luas di berbagai wilayah yang ada di Indonesia hingga dunia. Dakwahnya yang mampu menyentuh berbagai kalangan menjadikan Beliau banyak dicintai oleh umat Islam, terutama di Indonesia. Wajar saja jika poster Habib Mundzir juga tersebar luas, bahkan hingga saat ini.

Apalagi untuk mengenang Habib Mundzir Al Musawwa, media seperti Poster ini terbilang sangat efektif. Dan salah satu poster yang banyak dicari oleh para pecinta dan pengagum beliau adalah custom posters. Bentuknya yang bisa ditentukan sendiri oleh pemesannya menjadi alasan terbesar kenapa banyak yang lebih memilih poster jenis ini.

Sekedar informasi, Habib Mundzir Al Musawwa adalah salah satu murid kesayangan dari Habib Umar bin Hafidz. Dakwahnya di Indonesia sendiri dikenal sering dihadiri oleh tokoh-tokoh Nasional seperti Susilo Bambang Yudoyono, Fadel Muhammad, Fauzi Bowo, Suryadharma Ali, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Habib Mundzir juga dikenal sebagai pribadi yang memiliki semangat tinggi dalam berdakwah. Bahkan dalam keadaan sakit pun dengan infus menancap di tangan, Beliau tetap menyempatkan hadir dalam Majelis Rasulullah untuk menyampaikan dakwah.

Habib Mundzir juga dikenal sangat suka berdzikir. Dan salah satu amalan dzikir yang kerap Beliau amalkan adalah Dzikir Jalalah. Selain itu, diceritakan jika Habib Mundzir kerap kali bermimpi bertemu dengan Rasulullah SAW.

Istimewanya, di dalam mimpi saat bertemu dengan Rasulullah SAW, sang Habib selalu mendapat pesan jika umur Beliau tidak sampai 40 tahun. Hingga sehari sebelum wafat, Habib Mundzir sempat bermimpi lagi bertemu Rasulullah SAW.

Di dalam mimpi, Rasulullah SAW memberi tahu bahwa besok Beliau akan wafat. Dan pesan Rasulullah SAW di dalam mimpi Beliau benar terjadi. Habib Mundzir menghembuskan nafas terakhirnya pada hari Minggu tanggal 15 September 2013 jam 15.30 WIB di RSCM (Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo).

Keistimewaan Habib Mundzir Al Musawwa di Mata Jamaahnya

Selain dikenal memiliki kepribadian yang sederhana dan memiliki kesabaran serta semangat tinggi dalam berdakwah, Habib Mundzir juga dikenal sebagai salah satu ulama pembaharu majelis pengajian di Jakarta.

Selain itu Habib Mundzir juga dikenal sebagai sosok pendakwah yang ceramahnya mampu menenangkan hati. Tidak hanya itu saja, di kalangan jamaahnya, Beliau juga dikenal ceramahnya yang sangat membumi.

Habib Mundzir Al Musawwa juga selalu menganjurkan untuk mencintai Nabi dan mengikuti ajaran-ajarannya. Oleh sebab itu saat mengenang sosok Habib Mundzir Al Musawwa banyak para jamaahnya yang sampai meneteskan air mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *