5 Kesalahan dalam Memilih PC untuk Nge-game

      No Comments on 5 Kesalahan dalam Memilih PC untuk Nge-game

Bagi para pecinta game, komputer merupakan bagian yang sangat penting untuk diperhatikan. Dalam melakukan pembelian komputer, biasanya kita akan lebih sensitif terhadap standar bawaan komputer tersebut. Salah satu standar pembelian PC dapat berupa besarnya total penyimpanan pada hardware.

Selain itu, saat kamu harus download game offline PC pastikan memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup. Jika isi dalam dompet kita tebal tentunya akan sangat mudah mendapatkan PC idaman yang diinginkan. Namun ketika harus berhemat dengan pengeluaran, memilih PC untuk nge-game yang murah dan berkualitas akan menjadi satu hal tersulit. Maka dari itu, yuk simak ulasan berikut ini!

Berikut 5 kesalahan dalam memilih PC gaming

Pixabay.com

  1. Tampilan yang mewah

Kebanyakan para pembeli akan memilih PC yang meninggalkan kesan ‘keren’ bagi siapa pun yang melihatnya. Maka tak heran bila mereka menghabiskan uangnya demi mendapatkan PC impian. Bahkan ada juga yang rela menabung uangnya selama bertahun-tahun untuk mendapatkan PC yang pas dan nyaman untuk nge-game.

Faktanya, tidak semua PC yang memiliki tampilan menarik dapat memuaskan kenyamanan kita ketika bermain game. Karena banyak sekali komputer mewah namun tidak memiliki komponen high-end di dalamnya. Akan lebih baik jika memilih PC untuk nge-game biasa dan murah, namun terdapat komponen yang tepat untuk kenyamanan saat nge-game.

  1. Membeli komponen yang tidak diperlukan

Ketika memilih PC untuk nge-game tentunya harus memperhatikan hal apa saja yang menjadi bagian terpenting untuk memenuhi kebutuhan. Jika yang kita butuhkan ialah PC khusus game tertentu, maka yang harus menjadi perhatian khusus adalah spesifikasinya. Ada baiknya kita membeli komponen yang paling penting terlebih dahulu agar meningkatkan pengalaman bermain game menjadi lebih baik lagi.

Beberapa komponen yang dapat kita jadikan prioritas terakhir ialah fitur seperti CD/DVD drive, casing PC maupun speaker. Untuk menggantinya, kita dapat menggunakan headphone USB untuk speaker dengan harga yang murah dan lebih praktis.

  1. Tidak memperhatikan besaran file

Ketika kita ingin download game offline PC, memperhatikan besaran file game merupakan hal yang penting dilakukan. Biasanya video game memiliki ukuran yang besar hingga mencapai lebih dari 30 GB. Hal ini dikarenakan kualitas pada video game memiliki tingkat HD yang tinggi. Maka dari itu, kita harus mempersiapkan ruang penyimpanan yang besar agar bisa selalu melakukan pembaharuan rutin.

  1. Tidak memprediksi masa depan

Semakin berkembangnya zaman, para inovator akan menciptakan teknologi yang semakin modern dan canggih. Jika sebuah komputer dibandingkan dari zaman dulu hingga saat ini tentu memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Perbandingan tersebut dapat berupa bentuk maupun kualitas hardware dan software di dalamnya.

Perkembangan teknologi yang cepat dapat mempengaruhi spesifikasi komputer yang terus mengalami peningkatan. Faktanya, siklus upgrade gaming jauh lebih cepat sehingga kita harus melakukan upgrade agar bisa merasakan sensasi dari game yang diinginkan. Maka dari itu, dalam memilih PC untuk nge-game perlu dipersiapkan dari jauh-jauh hari agar saat ingin membelinya tidak merasa menyesal.

  1. Low power supply

Demi mendapatkan harga yang murah, membeli power supply yang salah dapat menyebabkan kerusakan bahkan menghancurkan komponen dalam PC. Power supply yang memiliki kualitas tinggi akan meningkatkan kinerjanya. Namun jika power supply nya rendah, kinerjanya pun akan rendah  dan tidak efisien.

Salah satu fungsi dari power supply ialah untuk memberikan arus listrik pada komponen-komponen di dalam PC. Terdapat dua jenis konektor power supplay, yang pertama ialah ATX power connector 20 pin + 4 pin. Konektor ini berfungsi untuk menghubungkan antara power supply dengan motherboard. Kedua, AT power connector 12 pin yang merupakan ATX power versi lama dengan fungsi yang sama.

Tips memilih PC untuk nge-game

Pixabay.com

Setelah mengetahui lima kesalahan dalam memilih PC tersebut, berikut tips penting yang dapat Kamu lakukan sebelum membeli PC untuk nge-game.

  1. Pilih perangkat pendukung

Membeli perangkat pendukung merupakan satu bentuk realisasi kenyamanan untuk para gamers. Perangkat tersebut dapat berupa mouse, headset, dan keyboard. Hal terpenting ialah pendingin CPU seperti kipas angin agar PC tidak rusak akibat kepanasan.

  1. Tidak terpaku dengan penampilannya

Penampilan yang menarik tidak selalu memiliki spesifikasi yang dibutuhkan. Maka dari itu sangat penting untuk mengutamakan isinya terlebih dahulu dibandingkan tampilan luarnya.

  1. Pilih komponen terbaru

Komponen tersebut dapat berupa processor, harddisk, VGA card, motherboard, dan power supply. Dengan begitu, bermain game akan lebih terasa nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *