Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

      No Comments on Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Surat lamaran biasanya menyertai CV sebagai bagian dari lamaran atau aplikasi pekerjaan. Lembaran ini memberikan rincian lebih lanjut tentang bagaimana dan mengapa Anda menginginkan posisi tersebut. Oleh karenanya, paling tidak pelamar harus tahu cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Surat lamaran ini memungkinkan perekrut dan manajer agar lebih memahami tentang kesesuaian pelamar untuk suatu posisi. Ketika surat lamaran Anda dibaca, ini sering menjadi kesan pertama oleh perusahaan walaupun di samping itu pasti juga ada daftar riwayat hidup. Dalam banyak kasus, perusahaan biasanya secara khusus meminta surat lamaran sebagai persyaratan wajib.

Apa Itu Surat Lamaran Kerja?

Beberapa menyebutnya sebagai surat pengantar CV. Inilah yang terkadang salah dimengerti oleh pelamar yang menganggap surat lamaran lebih penting daripada CV. Tentu percuma jika sudah mengikuti tata cara membuat surat lamaran kerja yang baik, tetapi melampirkan CV yang biasa saja.

Keduanya harus seimbang, walaupun surat pengantar sifatnya adalah dokumen pelengkap. Surat ini umumnya hanya satu halaman, yang mana ditujukan kepada pewawancara atau calon pemberi kerja. Isinya mencakup perincian kontak, posisi yang dilamar, dan perincian lebih lanjut seputar informasi dalam CV.

Surat pengantar harus menyoroti minat pada lowongan yang dibuka dan menunjukkan bahwa pengalaman Anda adalah yang paling cocok untuk posisi itu. Di dalamnya pula, perlu untuk menyelaraskan kualifikasi, keterampilan yang relevan, dan pengalaman sebelumnya dalam bentuk uraian.

pixabay.com

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja yang baik akan meningkatkan peluang diterima atau diundang untuk wawancara. Untuk memastikan surat lamaran Anda dibaca sampai habis, coba ikuti beberapa tips penulisannya berikut ini.

1. Memberikan nilai

Apa yang Anda tawarkan sebagai seorang profesional dan bagaimana cara untuk memberi dampak secara positif untuk lowongan yang dibuka? Di sini sanagt dibutuhkan kepercayaan diri untuk menarik perhatian pembaca. Ini akan meningkatkan kemungkinan surat lamaran dibaca sampai selesai.

Jangan sama sekali memasukkan informasi negatif tentang diri Anda apa pun alasannya. Tentu, tidak ada manusia yang sempurna, tetapi surat lamaran bukanlah tempat untuk membahas kekurangan atau hal negatif. Fokus saja pada hal-hal yang positif.

pixabay.com

2. Dibuat dengan teliti

Tidak ada yang lebih buruk dari kesalahan ejaan mencolok pada surat lamaran kerja. Kesalahan dalam surat menunjukkan kebiasaan yang kurang memperhatikan secara detail. Mereka juga bisa menganggap Anda tidak cukup peduli terhadap pekerjaan, setidaknya untuk mengoreksi kembali surat tersebut.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan Anda memeriksanya dari awal atau meminta seorang teman untuk membantu pengecekan ulang. Selain itu, penulisan surat yang baik juga menunjukkan kemampuan komunikasi melalui teks.

3. Jadilah pelamar yang unik

Sesuatu yang unik pasti lebih mudah diingat, termasuk dalam membaut surat lamaran. Masukkan informasi unik yang benar-benar membuat perekrut ingin berbicara secara langsung. Misalnya menunjukkan ide Anda untuk kebutuhan yang sedang dicari perusahaan.

Menjadi berbeda bukan berarti harus terlihat aneh. Cukup berbeda dalam penyampaian di dalam suratnya, bukan dengan menggunakan map berwarna mencolok atau hal-hal aneh lainnya.

4. Berpengalaman

Soft skill dan kemampuan akademik memang penting dalam tes wawancara, tetapi yang tak kalah pentingnya adalah pengalaman Anda dalam mendeskripsikan pekerjaan. Sertakan contoh pengalaman yang relevan dalam surat lamaran untuk memberi alasan mengapa Anda layak menjadi kandidat yang cocok untuk posisi itu.

pixabay.com

5. Harus antusias

Surat lamaran kerja sepertinya memang dirancang untuk meyakinkan dan menunjukkan bahwa Anda sangat antusias. Luangkan waktu riset tentang perusahaan pemberi lowongan kerja dan coba pahami kebutuhan mereka. Dengan begitu Anda bisa secara antusias menunjukkan ketertarikan terhadap lowongan tersebut. Juga saat menulis ingin menjadi bagian dari tim dan perusahaan.

Surat lamaran kerja harus menghidupkan CV. Menyelaraskan CV dengan lowongan pekerjaan yang tersedia dapat membuat perekrut lebih yakin mengapa mereka harus merekrut Anda untuk posisi tersebut. Ekspresikan minat Anda sebaik mungkin di lembar ini.

Kesimpulan

Surat lamaran kerja itu penting dan Anda tidak boleh menghindarinya saat proses pencarian pekerjaan. Dokumen ini dapat membantu mendapat perhatian lebih dari calon atasan pada aspek terpenting dari CV. Dengan begitu, kelebihan Anda akan terlihat menonjol.

Lakukan cara membuat surat lamaran kerja di atas sekarang juga dengan kalimat sendiri. Usahakan tidak mengadaptasi kalimat dari template surat lamaran pada umumnya karena itu pasti sudah dianggap basi. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *