Cara Membuat Struktur Organisasi di Word

      No Comments on Cara Membuat Struktur Organisasi di Word

Microsoft word merupakan sebuah software yang memiliki peran utama sebagai pembuat dokumen tulis atau naskah. Bentuk file dari software ini adalah doc. Dan file word bisa kamu ubah atau convert menjadi berbagai macam bentuk atau format file lain. Salah satunya adalah pdf. Untuk dapat mengubah format file, kamu harus mengetahui cara mengubah word ke pdf.

Adapun isi dari file word bisa bermacam-macam. Salah satunya kamu bisa membuat struktur organisasi melalui software ini. Kami akan menjelaskan secara detail dan tuntas bagaimama cara membuat struktur organisasi dengan menggunakan software microsoft word. Adapun untuk langkah-langkahnya, kamu bisa ikuti penjelasan yang ada di bawah ini.

pexels.com

Sekilas Info

Sebelum kami menjelaskan panjang lebar terkait dengan langkah-langkah membuat struktur organisasi di microsoft word, kami ingin memberikan sedikit info terlebih dahulu berkaitan dengan topik pembahasan dalam artikel ini. Seperti yang kita semua ketahui, software microsoft word merupakan perangkat lunak yang memiliki kegunaan utama untuk memudahkan pekerjaan yang berhubungan dengan tulis menulis.

Jika zaman dahulu orang menulis secara manual yaitu dengan lembaran kertas dan pena, atau dengan menggunakan kertas serta mesin ketik. Hal semacam itu sekarang mulai di tinggalkan karena peradaban era ini semakin maju dan berkembang. Hadirnya microsoft word bukan untuk memusnahkan penulisan manual, hanya saja word di ciptakan sebagai alternatif lain yang memudahkan pengerjaan.

Ya walau pada akhirnya kegiatan tulis menulis secara manual perlahan di tinggalkan, tapi tetap saja menulis manual di perlukan sebagai basic atau dasar kemampuan yang di ajarkan di lingkungan sekolahan maupun perkuliahan. Lebih dalam lagi, microsoft word tak sekedar digunakan untuk tulis menulis. Karena microsoft word menyediakan berbagai macam fitur yang bisa di manfaatkan untuk keperluan lain.

Bisakah Membuat Struktur Organisasi Dengan Microsoft Word?

Untuk menjawab pertanyaan singkat tersebut, juga harus dengan jawaban yang simpel, yaitu bisa! Tapi sebelumnya, kamu perlu memperhatikan bahwa membuat struktur organisis pada umumnya orang mengetahui di desain dengan software grafis seperti coreldraw dan semacamnya. Memang hal tersebut tidak salah.

Tapi software microsoft word juga bisa kamu gunakan untuk membuat struktur organisasi. Kamu juga harus tahu bahwa di dalam software microsoft word ini terdapat fitur yang bernama SmartArt. Fitur SmartArt ini berisi berbagai macam bentuk grafis yang bisa kamu gunakan untuk membuat struktur organisasi agar lebih indah dan menarik. Biar tidak sekedar tulisan doang!

pexels.com

Langkah-Langkah Membuat Struktur Organisasi Di Microsoft Word

Umumnya, struktur organisasi berbentuk hierarki. Kamu bisa bayangkan sendiri seperti apa struktur organisasi yang akan kamu buat dan kamu padukan dengan fasilitas yang disediakan dalam software microsoft word tersebut. Adapun untuk langkah demi langkah membuat struktur organisasi melalui software microsoft word antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan tentu saja adalah membuka software microsoft word. Bisa versi tahun berapapun. Kami sarankan kamu gunakan microsoft word versi tahun 2007 agar bisa lebih mudah.
  2. Setelah software microsoft word kamu buka dan jalankan, pada halaman utama dari microsoft word tersebut kamu klik tab menu yang berada di atas yaitu menu insert.
  3. Pada menu insert tersebut kamu klik dan akan muncul beberapa pilihan. Kamu pilih opsi SmartArt untuk memilih bentuk grafis yang ingin kamu gunakan untuk struktur organisasi yang akan kamu buat.
  4. Kamu bisa memilih bentu grafis hierarki untuk awalan karena bentuk tersebut yang paling umum digunakan dalam membuat struktur organisasi.
  5. Klik bentuk grafis tersebut dan akan muncul pada halaman kerja dari microsoft word. Kamu atur ukurannya sesuai dengan selera dan keinginan mu sendiri.
  6. Setelah itu kamu tambahkan tulisan mulai dari nama sampai dengan jabatan di dalam bentuk grafis yang ada pada halaman kerja.
  7. Secara sederhana, maka struktur organisasi tersebut sudah selesi kamu buat jika semua teks telah kamu masukan.

Perihal Penyuntingan

Kamu juga bisa mengedit dan menyunting struktur organisasi tersebut agar tidak polos dan monoton. Untuk itu, kami akan menjelaskan beberapa tahapan pengeditan dari struktur organisasi agar lebih menarik secara visual dan tidak kalah cantik dengan struktur organisasi yang dibuat dengan menggunakan software desain grafis. Berikut ini detail tahapan penyuntingan struktur organisasi di microsoft word.

1. Smartstyles

Yang pertama adalah Smartstyles. Kamu klik menu Smartstyles tersebut untuk merubah model dari struktur organisasi. Ada banyak sekali model-model yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan.

2. Change color

Kamu juga perlu menambahkan warna pada tulisan dari struktur organisasi yang kamu buat agar lebih cerah dan komunikatif. Kamu klik menu Change color dan pilih warna-warna yang kamu sukai dan pastikan juga warna tersebut akan dapat terlihat dengan jelas apabila nanti file word di cetak dalam bentuk kertas.

Mungkin untuk tahapan dasar hanya sampai pewarnaan dan merubah model saja. Jika kamu ingin lebih dari sekedar itu, kamu bisa berimajinasi dan eksperimental sendiri agar menghasilkan struktur organasasi yang sesuai dengan ekspektasi pribadi. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *