Memahami Bagaimana Ciri Surat Dinas Dari Segi Bentuk Yang Benar

Sebenarnya, bagaimana ciri surat dinas dari segi bentuk yang tepat? Ciri ini akan menjadi pembeda dari surat-surat lainnya.

Surat dinas sendiri merupakan salah satu jenis surat yang digunakan untuk memberikan informasi, memberikan perintah dan lain sebagainya pada instansi lain. Surat ini sifatnya resmi. Makanya, pembuatannya juga berbeda dari jenis surat lainnya.

Jika dilihat dari bentuknya, surat ini memiliki ciri khas pada bahasa dan identitas kantor dinas. Identitas kantor dinas ini biasanya dicantumkan di kop suratnya.

Di bagian bawahnya juga diisi dengan nomor surat. Penomoran ini berisikan tentang kode khusus yang dibuat untuk menunjukkan identitas instansi. Diantara kodenya adalah nomor keluaran surat, tahun dan bulan ketika surat dikeluarkan, sampai inisial dari sebuah instansi.

Sementara jika dilihat dari bentuk bahasanya, bahasa yang digunakan adalah bahasa baku. Yakni sesuai ejaan EYD. Kesan bahasanya lebih kaku tapi inilah yang mencirikan dari sebuah surat resmi. Sedangkan di bagian surat pasti terdapat cap stempel yang menunjukkan siapa yang mengeluarkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *