Masalah Motor Injeksi Honda

      No Comments on Masalah Motor Injeksi Honda

Sepeda motor yang menggunakan teknologi injeksi lebih ramah lingkungan serta lebih irit bahan bakar jika dibandingkan dengan sepeda motor yang menggunakan karburator. Hal ini dapat terjadi karena teknologi injeksi yang ditanamkan pada sepeda motor diatur secara elektronik sehingga proses pembakar bensin atau bahan bakar menjadi lebih sempurna dibanding motor berkarburator.

Masalah pada Motor Injeksi Honda

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Sebagai kendaraan yang sebagian besar cara kerjanya diatur secara elektronik, motor injeksi termasuk motor injeksi Honda memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap sistem kelistrikan yang dialirkan oleh akumulator atau aki. Karena itulah mogok menjadi salah satu masalah motor injeksi Honda yang sering terjadi. Mogok pada motor injeksi Honda disebabkan oleh beberapa faktor sebagai berikut:

  1. Aki drop

Akumulator atau yang akrab disebut aki merupakan komponen penting yang menyuplai tegangan listrik ke mesin pada sepeda motor. Saat aki drop, tegangan pun akan ikut drop sehingga arus listrik yang seharusnya dialirkan ke berbagai komponen mesin yang lain pun akan terhenti. Pada motor injeksi, arus listrik ke ECU serta fuel pump akan terhenti jika aki drop.

Akibatnya, sistem pengapiannya serta bahan bakarnyatidak akan mengalir. Saat aki drop, cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya adalah mengganti aki lama dengan yang baru atau dijumper. Jika motor injeksi mogok karena aki lemah, motor tidak perlu didorong karena aki lemah yang menyebabkan mesin sulit hidup masih dapat diakali dengan kick starter.

Caranya adalah dengan menyelah secara berulang-ulang. Kick starter yang ditekan berulang-ulang dapat menyebabkan aki yang tekor kembali terisi setrum atau arus listrik. Dengan arus listrik tersebutlah mesin pada sepeda motor dapat dihidupkan termasuk komponen injeksi dan sensor-sensornya.

  1. Fuse atau sekring putus

Fuse atau sekring pada motor merupakan alat pengaman yang berfungsi untuk memutus arus listrik jika terjadi korsleting secara tiba-tiba. Mekanisme sekring saat terjadi korsletingadalah sekring akan memutus kelebihan arus listrik yang melewati sekring tersebut. Selain kondisi aki yang drop, kondisi sekring juga dapat menyebabkan motor injeksi ngadat atau mogok.

Jika motor injeksi mendadak mogok di jalan sedangkan kondisi akinya masih bagus, maka masalah motor injeksi Honda yang menjadi penyebab mogok bisa jadi terletak pada sekring. Apabila sekring hangus, sekring harus diganti dengan sekring cadangan.

  1. Sektor pengapian

Motor injeksi mogok juga dapat disebabkan karena adanya masalah pada sektor pengapian seperti busi yang kondisinya sudah buruk atau karena kemasukan air. Untuk mengatasinya, busi harus dibuka dan dibersihkan dari berbagai kotoran atau kerak hitam tetapi tidak perlu diampelas. Apabila di tutup kop busi terdapat air, tiup agar tutup kop busi bebas dari air lalu dipasang lagi.

ilustrasi (photo: pixabay.com)

  1. Kehabisan bahan bakar

Kehabisan bensin atau bahan bakar juga dapat menyebabkan motor injeksi mogok. Saat motor injeksi kehabisan bensin, mesin motor biasanya sulit menyala meskipun motor telah diisi bensin hingga penuh. Saat hal ini terjadi, putar kunci ON selama 4 detik kemudian di OFF kembali. Lakukan langkah ini secara berulang sebanyak 3 hingga 5 kali agar fuel pump memompa bahan bakar.

Selain mogok, motor injeksi juga dapat mengalami masalah lain seperti gas motor yang tidak stabil sehingga motor terasa seperti akan mogok. Gas motor injeksi yang tidak stabil disebabkan oleh beberapa hal salah satunya adalah saringan atau filter udara yang tidak berfungsi. Filter dapat kehilangan fungsinya karena kotoran yang bertumpuk pada filter.

Filter udara yang kotor dapat menyebabkan motor injeksi mendadak mati atau mogok apabila didiamkan saja dan tidak segera dibersihkan. Saat filter udara tidak berfungsi, gunakan filter udara jenis basah. Meskipun filter udara jenis ini tidak dapat dibersihkan, namun filter udara jenis ini lebih tahan jika dibandingkan filter udara kering yang harus sering dibersihkan.

Selain filter udara yang tidak berfungsi, gas motor injeksi yang tidak stabil juga dapat disebabkan karena tekanan bahan bakar kurang, terjadi kerusakan pada sensor injeksi, putaran stasioner mesin yang kurang dari standar, setelan klep yang tidak sesuai, serta jarak renggang busi yang tidak tepat.

Berbagai permasalahan pada motor injeksi serta cara mengatasinya akan dijelaskan secara lengkap di tempat kursus mekanik motor injeksi. Selain menawarkan materi pembelajaran yang relevan atau terbaru, belajar di tempat kursus mekanik juga umumnya membutuhkan waktu yang lebih singkat untuk menguasai ilmu yang diajarkan. Penyebabnya adalah karena metode pengajaran yang berbasis praktik.

Selain itu, tempat kursus mekanik motor injeksi juga akan mengajarkan berbagai hal tentang motor dan teknologi injeksi dari materi yang paling dasar hingga yang lebih rumit termasuk bagaimana cara pengaplikasian ilmu yang didapatkan di tempat kursus mekanik tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *