Ketahui Perbedaan antara Kuningan vs Tembaga

      No Comments on Ketahui Perbedaan antara Kuningan vs Tembaga

Sekilas jika dilihat kuningan vs tembaga sangat mirip, padahal keduanya berbeda. Sebenarnya apa itu kuningan dan tembaga? Seringkali keduanya disebut sebagai logam merah. Dua jenis logam tersebut memang terlihat sangat mirip sehingga sulit untuk dibedakan.

Kedua jenis logam memang sulit dibedakan. Tetapi ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencari perbedaannya. Jangan sampai salah, terutama tembaga dianggap sebagai kuningan maka akan mengalami kerugian.

Kuningan vs tembaga seringkali dijadikan bahan untuk membuat kerajinan. Ada banyak kerajinan tembaga kuningan yang ada di Indonesia. Salah satu contoh hasil karyanya adalah guci, meja, kaligrafi dan sebagainya. Apa perbedaan keduanya? simak uraian di bawah ini.

Perbedaan Kuningan vs Tembaga

pixabay.com

Kuningan

Kuningan merupakan salah satu logam dari hasil pencampuran antara tembaga dan seng. Dalam kuningan terdapat seng dan variasi unsur lainnya. campuran-campuran tersebut kemudian menghasilkan beragam sifat maupun variasi warna. Seng cenderung berwarna kemerah-merahan agak kuning, tergantung kadarnya.

Kadar seng juga mempengaruhi kekuatan dan elastisitas kuningan. Kuningan memiliki 3 jenis, yaitu kawat kuningan (brass wire), plat kuningan (brass sheet) dan pipa kuningan (seamless brass tube). Logam ini seringkali digunakan untuk keperluan dekorasi.

Keberadaan kuningan yang sering digunakan untuk dekorasi, alasannya karena memiliki warna menarik dan mirip emas. Selain itu, kuningan juga digunakan sebagai bahan untuk membuat alat musik karena mudah untuk dibentuk dan memiliki daya tahan yang tinggi.

Tembaga

Tembaga merupakan logam tunggal yang memiliki warna cenderung cokelat agak kemerah-merahan. Tembaga merupakan salah satu logam yang paling awal ditemukan. Ditemukan oleh orang-orang Yunani dan Romawi.

Setelah menemukan tembaga, kemudian berhasil mengolahnya menjadi peralatan dan juga perhiasan. Pada zaman dahulu, tembaga berguna untuk membersihkan luka. Selain itu, keberadaannya dikenal sebagai logam yang kuat sehingga memiliki ketahanan terhadap korosi.

Tembaga adalah logam tunggal sehingga alat-alat ataupun bendu yang dihasilkan memiliki sifat kurang lebih sama. Tembaga murni memiliki sifat halus dan lunak. Logam jenis ini sangat bagus untuk dijadikan konduktor panas dan listrik.

Keberadaan logam tembaga sangat sering ditemukan dalam material-material listrik, karena memiliki kemampuan yang efektif menimbulkan listrik.  Selain dijadikan konduktor panas dan listrik, tembaga juga digunakan untuk bahan dari pembuatan atap, pipa, mesin industri, suplemen nutrisi dan fungisida.

Tembaga sangat mudah disolder dan diperkeras, serta di las dengan menggunakan berbagai metode. Tembaga ini juga bisa dipoles dan digosok supaya mendapatkan tekstur dan kilau yang diinginkan.

Cara Membedakan Kuningan vs Tembaga

pixabay.com

Dilihat dari Warna Kuningan dan Tembaga

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk membedakan antara kuningan dan tembaga adalah pada warnanya. Kuningan memiliki warna kemerah-merahan agak kuning, sedangkan tembaga cenderung cokelat agak kemerah-merahan.

Mayoritas kuningan memiliki warna kuning tua dan kuning cokelat, mirip seperti warna perunggu. Ada juga yang memiliki warna jingga, kehijauan, keemasan, tergantung dari kandungan seng di dalam kuningan.

Daya Tarik Magnet

Kuningan cenderung sulit untuk ditarik magnet. Sedangkan tembaga yang merupakan logam tunggal sangat mudah ditarik oleh magnet. Cara ini bisa digunakan untuk membedakan  kuningan dan tembaga.

Sifat yang Dimiliki

Cara selanjutnya adalah dengan melihat sifat yang dimiliki masing-masing logam. Tembaga murni memiliki sifat halus dan lunak, sehingga ketika dipukul akan menghasilkan suara penuh dan teredam. Sedangkan kuningan apabila dipukul akan bersuara nyaring dan jernih.

Dilihat Melalui Cap pada Logam

Kuningan vs tembaga bisa dibedakan dengan melihat cap yang ada pada logam tersebut. Kuningan biasanya digunakan untuk bahan-bahan industri, diberi kode atau cap. Tujuannya supaya mengetahui campuran dalam logam tersebut. sedangkan logam tembaga biasanya tidak diberi kode ataupun cap.

Di Eropa, kuningan maupun tembaga diberi kode dengan awalan huruf C. Perbedaan antara keduanya adalah pada huruf akhiran. Tembaga diakhiri dengan A,B, C,D. Sedangkan kuningan L, M, N, P, R.

Karakteristik Logam Kuningan vs Tembaga

Karakteristik kuningan biasanya memiliki tekstur lebih kasar. Sedangkan karakteristik tembaga setelah diproses biasanya sangat lunak. Maka dari itu tembaga menjadi lebih mudah ditekuk dan elastis dibandingkan kuningan.

Letakkan Logam di Bawah Cahaya Putih

Apabila masih belum yakin dengan kelima cara di atas maka bisa meletakkan logam di bawah cahaya putih. Apabila logam menjadi mengkilap berarti itu warna palsu akibat pantulan cahaya. Perhatikan warnanya di bawah lampu fluoresen putih.

Nah itulah perbedaan antara kuningan vs tembaga. Kedua logam ini seringkali dijadikan bahan dasar dalam kerajinan tembaga kuningan. Di Indonesia sendiri daerah yang dikenal sebagai pengrajin nya adalah Boyolali.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *