Ini Makna Kesehatan Dalam Islam yang Perlu Diteladani Umat

Kesehatan dalam Islam dianggap satu kondisi yang sangat penting. Bahkan, umat diminta menjaga sehat sebelum sakit, selain harus menjaga pula masa kaya sebelum jatuh miskin. Tak hanya itu, menjaga kesehatan ternyata sama dengan menjaga bisnis atau pekerjaan. Atas dasar itu, muncul tips bisnis dan kesehatan yang terkait dengan hal ini.

Makna Sehat Menurut Agama Islam

Terkait dengan Islam, banyak sekali ketentuan agama samawi ini terkait dengan makna kesehatan manusia terutama kaum muslimin. Berikut penjelasan lengkapnya, yaitu:

1. Kesehatan untuk Melancarkan Ibadah

Kesehatan untuk melancarkan ibadah maksudnya ialah, manusia diberi sehat oleh Allah semata biar mereka bisa beribadah dengan tenang dan nyaman. Maka dari itu, sebagai kaum muslim harus memanfaatkannya dengan baik atau Allah yang maha besar akan merenggut kembali kesehatan tersebut.

2. Kesehatan Adalah Karunia Allah

Menurut agama Islam, kesehatan merupakan karunia dan nikmat dari Allah tuhan semesta alam yang diberikan kepada manusia. Bahkan, nash-nya jelas kalau Allah menurunkan penyakit sekaligus obatnya.

Itu artinya, Allah tidak pernah berkenan umatnya sakit. Cuma, sakit adalah ujian sejauh mana manusia berikhtiar sekaligus bertawakal kepada-Nya. Maka dari itu, kesehatan adalah kondisi yang harus terus disyukuri. Salah satu caranya ialah menggunakan sehat untuk beribadah dan melakukan amal kebaikan.

pexels.com

3. Kesehatan Bersifat Universal

Di dalam Islam, kesehatan tidak hanya terkait fisik tubuh atau jasmani yang bugar. Lebih dari itu, sehat yang dimaksud juga terkait dengan mental rohani yang bagus dan tenang.

Bahkan kesehatan juga mengusung makna filosofis terkait dimensi kehidupan seperti sehat keuangan, sehat pasal ilmu, sehat hubungan suami istri dan semacamnya.

4. Kesehatan Adalah Ujian Bagi Umat Islam

Kesehatan dalam Islam tidak hanya terkait dengan karunia super besar dari Allah, tetapi juga ujian dari-Nya. Bahkan, adab para kaum sufi selalu beristigfar ketika mendapatkan kesehatan dan justru bersyukur ketika diberi penyakit.

Kesehatan sebagai ujian maksudnya ialah, Allah ingin mengetahui seberapa besar umat menggunakan kesehatan tersebut untuk mendekat kepada Allah. Sekaligus meninggalkan larangan dari-Nya.

Jika manusia justru menggunakan kesehatannya untuk berbuat maksiat, berarti ia tidak lulus ujian. Bisa jadi, adzab Allah akan turun sebagai gantinya. Salah satunya, diturunkan kepadanya penyakit yang berat dan mematikan.

pexels.com

5. Kesehatan Adalah Anugerah Surga

Nash dan hadis nabi sudah menjelaskan tentang keadaan orang di surga. Diantaranya tidak pernah sakit dan selalu awet muda. Itu artinya, kesehatan tidak hanya ada di dunia saja. Di surga pun masih tetap dianugerahkan sebagai nikmat Allah yang maha indah.

6. Kesehatan adalah Kekayaan Yang Sebenarnya

Apakah bermakna harta yang banyak, seperti rumah, tanah, mobil, uang, jika tubuh digerogoti penyakit? Apalagi, jika vonis dokter menunjukkan, kalau umur sudah tidak lama lagi? Maka dari itu, Islam mengisyaratkan kalau kesehatan adalah harta manusia yang tidak terbantahkan. Bahkan orang yang sehat adalah orang terkaya.

Benar lirik lagu H. Rhoma Irama, “harta tak menggiurkan, jabatan tak membanggakan, bila penyakit datang melanda”. Karena apa faedah semua fasilitas dunia ini, jika kesehatan sudah direnggut oleh Sang Pemberi Sehat.

7. Kesehatan Adalah Doanya Orang Islam

Sebagai seorang muslim tidak boleh terputus doanya kepada Allah. Bahkan Allah menyukai orang yang berdoa kepada-Nya. Sedangkan orang yang tidak pernah berdoa adalah sebentuk pembangkangan dan kesombongan yang nyata.

Salah satu doa yang boleh dipintakan adalah kesehatan. Baik sehat dalam arti sebenarnya atau sehat yang berupa kebaikan-kebaikan dalam kehidupan seperti sehat finansial, sehat ilmu dan selainnya.

pexels.com

8. Islam Akomodir Makna Sehat dan Tips Hidup Sehat

Islam adalah agama universal yang lurus. Ia petunjuk untuk umat di seluruh alam. Maka dari itu, di dalamnya tidak hanya termaktub makna kesehatan, tips bisnis dan kesehatan juga ada. Diantaranya adalah dengan menjaga kebersihan, menjauhi alkohol atau minuman keras serta meninggalkan zina.

Tidak dimungkiri, perilaku-perilaku di atas yang menjadi penyebab munculnya penyakit berbahaya. Seperti kanker, komplikasi hingga HIV AIDS. Maka dari itu, umat yang memegang Islam sebagai pedoman hidupnya, pasti hidupnya akan sehat. Itulah makna kesehatan dalam Islam.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *