Kerupuk Kulit Sapi

      No Comments on Kerupuk Kulit Sapi

Anda pasti pernah mencoba kerupuk kulit? Banyak yang suka, tapi ada juga yang tidak. Di Rumah Makan Padang, kerupuk kulit atau jangek biasanya disajikan dengan disiram kuah gulai. Sedap sekali rasanya. Karena memang terbuat dari kulit hewan yang memiliki kandungan lemak dan minyaknya sendiri, sehingga rasanya sangat gurih dan lezat.

Namun, Anda perlu teliti dalam mengkonsumsi kerupuk kulit. Sebab, ada dua jenis kerupuk kulit yang beredar di pasaran, yaitu kerupuk kulit sapi dan kerupuk kulit babi. Bagi Anda yang tidak mengkonsumsi babi, tentu perlu berhati-hati dalam memilah-milah mana kerupuk kulit sapi dan mana yang kerupuk kulit babi. Untuk itu, berikut ini kami informasikan cara membedakan keduanya.

Cara Membedakan Kerupuk Kulit Sapi dan Babi

Kerupuk kulit sapi dan babi bisa dibedakan berdasarkan warna, tekstur, bentuk, dan harganya. Lengkapnya sebagai berikut:

  • Warna

Kerupuk kulit sapi memiliki warna putih keruh dan bagian pinggirnya agak sedikit kecokelatan. Sedangkan, kerupuk kulit babi memiliki warna yang lebih putih dibandingkan dengan jenis sapi dan warna putihnya nampak lebih cerah. Anda bisa melihat perbedaannya dengan menyinarinya di cahaya atau lampu.

  • Tekstur

Tekstur kerupuk kulit sapi renyah dan terasa keras. Jika dicampurkan ke sayuran atau dibuat olahan krecek, maka kerupuk kulit sapi tidak mudah hancur dan terasa lebih kenyal. Sedangkan, kerupuk kulit babi lebih renyah dan sangat rapuh. Hal ini karena, rongga dalam kerupuk kulit babi lebih halus. Saat diraba juga teksturnya terasa sangat halus.

  • Bentuk

Bentuk kerupuk kulit sapi kotak dan biasanya tidak bergelombang. Tidak demikian halnya dengan kerupuk kulit babi yang selalu memiliki bentuk yang bergelombang dengan bentuk yang umumnya memanjang.

  • Harga

Anda juga bisa membedakannya dari harga, harga kerupuk kulit sapi banyak dijajakan di pasar tradisional dalam kemasan maupun kantong besar. Sementara itu, kerupuk kulit babi jarang dijajakan di pasar-pasar tradisional, melainkan dengan berkeliling sepeda atau motor. Harganya pun lebih murah dibandingkan dengan kerupuk kulit sapi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *