Jual Laptop Bekas

      No Comments on Jual Laptop Bekas

Laptop merupakan salah satu benda yang memiliki fungsi dan kegunaan yang sangat banyak. Selain itu, nilai jualnya pun tiak sedikit, karena merupakan alat elektronik yang banyak dicari orang. Laptop memang sudah seperti menjadi kebutuhan pokok bagi banyak kalangan di dunia. Bentuknya yang praktis di bawa ke mana saja, membuat banyak orang mengandalkannya untuk mengejakan berbagai aktivitas.

Bagi Anda yang berniat untuk menjual laptop karena berbagai kebutuhan, pastikan menjualnya dengan harga yang pantas dan tidak terlalu jauh dari harga beli. Selain karena faktor ekonomi, benda ini memang tidak bisa dijual dengan harga yang sangat “jatuh” mengingat pentingnya kegunaan alat elektronik ini. Anda bisa jual laptop bekas dengan harga masih sewajarnya, apabila Anda melakukan hal berikut:

  1. Perbaiki tampilan luar

Penampilan luar sangat menentukan pilihan orang atas apa yang dilihatnya, begitu juga halnya dalam membeli laptop. Tampilan luar laptop cukup menjadi perhatian pembeli dan menjadi kesan pertamanya. Secanggih apapun laptop Anda, jika penampilannya buruk di mata pembeli, misalnya kotor, tergores, dan sebagainya, maka bisa mengurangi nilainya.

Bukan hanya mengurangi nilainya saja, laptop dengan penampilan yang buruk juga dapat dengan mudah membuat pembeli berubah pikiran untuk membeli laptop yang dijual. Untuk itu, ada baiknya sebelum dijual, laptoppercantik terlebih dahulu penampilannya agar pembeli merasa laptop tersebut terawat dengan baik.

pxhere.com

  1. Tawarkan ke calon pemakai, bukan ke reseller

Untuk mendapatkan harga yang tinggi, coba tawarkan langsung pada orang yang memang membutuhkan laptop second. Sebisa mungkin, jangan tawarkan pada mereka yang berniat untuk menjual kembali laptop tersebut. Meski memang ada kemungkinan lebih cepat terjual, namun hal ini cukup menyusahkan Anda di kemudian hari.

Sebab, jika Anda sekali saja menawarkannya pada reseller, sudah pasti ia meminta harga yang jauh lebih murah dibandingkan jika Anda menjualnya langsung ke calon pembeli yang memang membutuhkan. Unutk itu, usahakan menawarkan laptop yang ingin Anda jual ke pembeli langsung, bukan melalui reseller.

  1. Lakukan instalasi ulang

Sebelum menjualnya, pastikan Anda telah melakukan instalasi ulang pada laptop. Usahakan pula menggunakan OS asli dan bukan bajakan. Hal ini bertujuan agar tidak ada software bekas Anda yang masih terpasang di laptop tersebut yang menyebabkan penurunan kualitas performanya. Selain itu, guna memastikan tidak ada lagi data-data Anda yang masih tersimpan.

Instalasi ulang laptop, juga berguna agar kinerja laptop baik dan tidak lemot. Laptop yang lemot tentu saja akan menurunkan harga jualnya. Apalagi, jika laptop Anda nantinya akan digunakan untuk melakukan kerja berat oleh pemilik selanjutnya. Sebelum melakuka instalasi ulang, pastikan juga Anda sudah melakukan back up penyimpanan milik Anda.

pxhere.com

  1. Ganti sparepart yang sudah berkurang performanya

Namanya juga laptop second, sudah pasti ada saja performa sparepartnya yang menurun. Untuk itu, sebelum menjualnya, pastikan bahwa sparepart Anda masih memiliki kualitas yang baik. Jika memang berkurang performanya, jangan segan untuk mengganti atau melakukan service terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi pada calon pembeli.

Mengganti atau melakukan service sparepart laptop yang akan dijual bertujuan agar harga laptop bisa ditinggikan. Selain itu, pembeli yang jeli pasti akan memastikan sparepart masih dalam performa yang baik. Jadi, ketika calon pembeli melakukan pemeriksaan laptop yang akan dibelinya, maka sudah tidak ada masalah lagi dengan sparepart yang menjadi tujuan pemeriksaannya.

  1. Jual bersama kelengkapan dan aksesorisnya

Aksesoris dan kelengkapan laptop yang masih berfungsi dengan baik, bisa Anda sertakan dalam penjualan. Kelengkapan yang dimaksud adalah charger, manual book, dan tas laptop yang biasanya disertakan pada saat pembelian pertama. Sedangkan, aksesoris tambahannya, seperti tetikus, speaker, cooling pad, headset, atau kelengkapan lainnya yang ingin Anda sertakan.

Dengan menjual laptop second bersama dengan aksesoris dan kelengkapannya, pasti harga yang ditawarkan pada calon pembeli bisa dinaikkan. Asalkan, aksesoris dan kelengkapan laptop masih berfungsi dengan baik. Jadi, semakin sedikit kerugian yang Anda tanggung.

pxhere.com

  1. Berikan pelayanan terbaik pada calon pembeli

Berikanlah pelayaan terbaik sebisa mungkin agar pembeli merasa Anda menghargainya. Hal tersebut sangat berdampak baik bagi proses tawar menawar, sehingga cepat ditemukan kesepakatan antara Anda dengan pembeli. Dengan catatan, meski baik tetap harus memiliki posisi tawar sebagai penjual. Jangan sampai malah justru Anda yang ditipu pembeli.

Jika ingin jual laptop bekas yang cepat laku, cobalah untuk melakukan iklan produk secara online atau di media sosial. Anda juga bisa meminta bantuan kerabat untuk menyebarkannya di media sosial mereka atau grup instant messaging. Jual laptop bekas dengan cara demikian, terbukti cukup efektif. Hal yang paling penting adalah menjalankan tips tersebut di atas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *