Ikut Kekinian dengan Naik MRT, Berapakah Harga Tiket MRT?

MRT merupakan kereta yang baru saja dioperasikan di Jakarta. Harapannya setelah kehadiran kereta ini, warga Jakarta tidak lagi menaiki kendaraan pribadi. Melainkan mencoba menggunakan MRT untuk mengurangi kemacetan Jakarta dalam setiap harinya. Namun berapakah harga tiket MRT saat telah beroperasi normal saat ini? Karena pada awal beroperasi, tiket MRT diberikan secara gratis.

Menurut informasi, tiket MRT disesuaikan dengan stasiun akhir dari penumpang tersebut. Jadi, setiap penumpang memiliki harga tiket yang berbeda-beda, disesuaikan dengan tempat turun penumpang. Untuk lebih jelas tentang tarif tiket MRT yang terbaru, jangan lewatkan informasi pada bagian berikutnya. Karena dikesempatan ini, akan disampaikan hal terkait secara lebih detail.

pexels.com

Harga Tiket MRT

Untuk anda yang ingin menaiki MRT, ada baiknya memperhatikan berapa tarif tiket MRT yang terbaru. Sesuai dengan peraturan pemerintah, tarif tiket MRT akhirnya ditetapkan sesuai dengan jarak stasiun yang dituju. Contohnya, semakin jauh jarak yang ditempuh maka akan semakin mahal tiket yang harus dibayarkan. Begitu pula, untuk jarak yang dekat, maka akan semakin murah tiket yang harus dibayar.

Pada umumnya, harga tiket MRT tidak terlalu mahal. Di mana, tarif tiket ini yang termurah adalah Rp 3.000. Sedangkan untuk yang terjauh akan dikenakan biaya Rp 14.000. Sayangnya, untuk tiket ini masih terbatas, karena jarak MRT masih belum terlalu jauh. Untuk itu, penting mengetahui stasiun mana saja yang tersedia serta apakah tempat tujuan sudah memiliki stasiun MRT atau tidak.

Cara Membeli Tiket MRT dan Menggunakannya

Walaupun sudah cukup lama beroperasi, masih terdapat beberapa orang yang tidak memahami cara menggunakan tiket dan menaiki MRT. Untuk itu, anda dapat memperhatikan cara-cara dibawah ini,

  1. Datangi Stasiun MRT

Langkah pertama adalah mendatangi stasiun MRT terdekat sebagai tempat pemberangkatan. Stasiun MRT telah tersedia di beberapa tempat seperti Lebak Bulus, Fatmawati, Blok A, Cipete dan beberapa tempat lainnya. Anda cukup memilih, stasiun mana yang sekiranya cukup dekat untuk menjadi tempat pemberangkatan.

pexels.com

  1. Pembelian Tiket

Setelah tiba di stasiun, berikutnya siapkan dana untuk pembelian tiket. Pembelian tiket dapat dilakukan di loket maupun melalui mesin vending ticket. Dalam pembelian, anda dapat memilih tiket single trip atau multi trip. Jika pembelian single trip, ini berlaku untuk sekali perjalanan. Sedangkan multi trip, berlaku untuk perjalanan pulang pergi.

  1. Templekan Tiket MRT

Berikutnya, anda harus menyiapkan tiket sebagai tiket masuk. Untuk langkah awalnya, tempelkan tiket pada gate disekitar tempta masuk. Setelah tiket ditempelkan dan diterima mesin, waktunya untuk masuk ke dalam peron. Di peron inilah, waktunya menantikan MRT datang sesuai dengan jadwal keberangkatan yang tersedia di hari tersebut.

  1. Mengantri di Peron

Saat anda menunggu antrian, usahakan untuk mengantri dengan benar. Berdirilah dibelakang garis aman selama di peron. Jangan terlalu dekat dengan kereta karena dapat membahayakan. Setelah kereta tiba, waktunya untuk naik kereta. Namun, dahulukanlah penumpang yang turun terlebih dahulu. Sehingga tidak ricuhjika kegiatan turun menurun dilakukan bersamaan.

  1. Tiba di Stasiun Tujuan

Setelah tiba di stasiun tujuan, anda harus keluar menggunakan gate yang telah disediakan. Pada gate tersebut, tempelkan kembali tiket yang telah dimiliki. Nantinya, tiket yang telah digunakan dapat dikembalikan pada loket. Sedangkan jika masih multi trip, tiket dapat disimpan dan nantinya dapat digunakan kembali dalam perjalanan pulang.

  1. Patuhi Peraturan

Selama menaiki MRT, disarankan dan diharapkan dapat mematuhi setiap peraturan yang ada. Contohnya, dilarang membuang sampah dan beberapa hal penting lainnya. Pentingnya mematuhi peraturan, tidak hanya menguntungkan untuk anda namun juga orang lain. Di mana, fasilitas umum dapat dinikmati bersama dengan lebih nyaman dan dalam waktu lama.

  1. Update Harga Tiket

Karena MRT termasuk fasilitas umum yang baru di Indonesia, penting untuk memahami bahwa harganya akan mengalami perubahan. Untuk mengetahuinya, penting secara berkala mencari tahu promo superindo terbarunya di stasiun. Jadi, tidak ada kesalahan pembayaran saat akan membeli tiket baik single maupun multi.

pexels.com

  1. Perhatikan Jadwal Tiket

Setiap stasiun memiliki jadwal kereta masing-masing. Untuk anda yang akan menggunakan MRT secara rutin, penting untuk memahaminya. Pada umumnya, jadwal keberangkatan akan ditunjukkan di stasiun. Untuk lebih jelasnya, mintalah bagian loket untuk memberikan brosur terkait jadwal. Jadi, anda dapat mengetahui setiap jadwal keberangkatan tanpa kesalahan.

  1. Tiket dengan Uang Elektronik

Selain memanfaatkan kartu jelajah, anda dapat menggunakan uang elektronik untuk dijadikan tiket. Contohnya, e-money mandiri, flazz BCA, Brizzi maupun tapcash. Semuanya dapat digunakan, namun harus disesuaikan dengan saldo yang dimilikki. Namun untuk mempermudah, disarankan untuk menggunakan kartu uang elektronik, agar tidak terlalu banyak kartu disimpan.

Mudah bukan cara menaiki MRT? Jika masih kesulitan anda dapat meminta bantuan petugas di stasiun untuk menjelaskan. Tapi, jika terkendala dengan harga tiket MRT sebaiknya urungkan niat untuk menaikinya dan pilih transportasi umum lain. Karena saat ini, pemerintah sedang gencar berkampanye agar masyarakat lebih senang dengan transportasi umum dibandingkan kendaraan pribadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *