Daftar Harga Lampu PJU Terbaru 2019

      No Comments on Daftar Harga Lampu PJU Terbaru 2019

Lampu merupakan salah satu komponen terpenting bagi sistem penerangan jalan umum atau PJU, baik PJU konvensional maupun PJU bertenaga Surya (PJU Sollar Cell). Tanpa lampu, PJU tidak akan berfungi.

Saat ini, sudah banyak produsen baik lokal maupun manca yang menjual aneka lampu jalan dengan berbagai jenis, variasi, model beserta spesifikasi yang ditawarkan.

Tips Membeli Lampu PJU

Namun sebelum memutuskan untuk membeli lampu PJU, beberapa tips berikut ini bisa dijadikan referensi agar anda tidak salah beli :

Jeli

Sebelum membeli lampu PJU, sebaiknya anda jeli untuk  memilih lampu PJU berkualitas. Lampu berkualitas bisa dikenali dari beberapa ciri, seperti pencahayaan tajam dan lebih terang, pastikan anda membeli lampu dalam  kondisi tersegel dan tidak rusak.Tidak harus dari merk ternama dengan harga mahal. Anda bisa mendapatkan produk dengan kualitas sekaligus harga terjangkau asalkan anda jeli.

Distributor Terpercaya

Meski lampu PJU sudah banyak dijual dipasaran dengan berbagai jenis, variasi, spesifikasi dan harga, sebaiknya anda harus membeli lampu pada distributor yang sudah resmi, terpercaya dan profesional. Distributor ini biasanya pelayananya bagus, juga memberikan after sales memuaskan seperti garansi, uang kembali (jika barang yang dibeli rusak) servis gratis, diskon dan layanan-layanan profesional lainya.

unsplash.com

Punya Referensi Harga

Sebelum membeli lampu PJU, sebaiknya anda sudah mengetahui kisaran harga dari referensi yang anda peroleh dari teman, kerabat atau internet. Jika sudah mengetahui referensi harga, anda tidak akan dirugikan dengan membeli produk yang mungkin dimahal-mahalkan dari toko. Anda bisa menawarnya secara wajar.

Pilih Sesuai Kebutuhan

yang terakhir, pilihlah lampu sesuai kebutuhan tanpa mengabaikan kualitas. Pilih daya watt yang sesuai, karena lampu PJU bisa menggunakan daya watt berbeda-beda. Dari mulai berdaya puluhan,  hingga ratusan watt. Kemudian, pilih juga model yang sesuai karena lampu PJU berbeda-beda model.

Jenis-jenis Lampu PJU

Sebelum membeli lampu PJU, tidak salah jika kita juga memahami fungsi dan jenis lampu yang biasa digunakan untuk penerangan umum. Berikut ini beberapa jenis lampu PJU berdasarkan fungsinya antara ini :

Lampu HPL-N

Lampu ini jenis lampu merkuri fluoerescent. Di Eropa, lampu ini disebut lampu MBF. Merupakan lampu jenis tabung bertekanan tinggi. Cara kerjanya, sama seperti lampu tabung fluoerescent lain, yakni berasal dari percikan elektron yang terjadi dalam tabung. Lampu ini memiliki jangka pemakaian rata-rata antara 12.000 hingga 20.000 jam. Untuk fluks sinar yang dihasilkan, yakni antara 1800 lumen sampai dengan 54.200 lumen.

Lampu LVD

Lampu PJU berikutnya yakni LVD. Ini adalah lampu induksi yang memiliki efesiensi tinggi. Digunakan sebagai lampu sorot dan lampu penerangan jalan umum (PJU). Dengan daya watt kecil, lampu ini menghasilkan cahaya setara cahaya lampu sodium atau lampu jenis Metal Halide (MHL) yang daya wattnya lebih besar. lampu ini tidak memerlukan elektroda atau filamen untuk menyala ehingga daya pakai lebih irit dan lebih lama dibanding lampu pijar konvensional lain.

picjumbo.com

Lampu Neon TL

Disebut juga dengan nama Lampu Fluorescent atau TL. Lampu ini memiliki daya lebih kecil dibanding lampu bohlam. Suhu lampu TL juga relatif lebih dingin ketimbang jenis lampu lainya.Biasanya, lampu ini digunakan di perumahan atau indutri. Lampu ini banyak dipilih lantaran keluarana cahaya perwat relatif lebih tinggi dibanding lampu biasa. Namun sayangnya, harga set lampu ini cukup mahal, serta membutuhkan ruang lebar per set lampu, memakan tempat.

Lampu SON-T

Lampu SON-T atau lampu jalan Sodium bertekanan tinggi, merupakan jeni lampu discharge atau jenis lampu tabung. Memiliki tekanan gas kisaran 250 mm Hg, menyebabkan suhu tabung tinggi. Cara kerjanya tidak berbeda dengan lampu sodium bertekanan rendah (SOX-E).

picjumbo.com

Lampu LED

Lampu lainya yang biasa digunakan sebagai penerangan jalan umum yakni LED  ( Light emitting diode). Lampu yang berasal dari diodoe pancaran cahaya ini belakangan populer dan bahkan, lampu-lampu PJU kini banyak beralih menggunakan lampu LED lantaran banyak kelebihan dibanding lampu lainya.

Kelebihan-kelebihan ini diantaranya, lebih hemat, ramah lingkungan, tak perlu energi listrik, kualitas cahaya lebih tajam dan lebih terang serta beberapa kelebihan lainya membuat LED semakin diminati tidak hanya untuk PJU, melainkan diaplikasikan pada kawasan-kawasan seperti taman, pusat kota hingga pedesaan terpencil yang tidak terjangkau listrik PLN. Sayangnya, LED PJU harganya relatif lebih mahal dibanding jenis lampu lainya.

Harga Lampu PJU (LED)

LED kini populer digunakan tidak sebatas pada lampu jalan, tapi juga cocok digunakan sebagai lampu hiasan, hingga lampu penerangan di kawasan pelosok yang tidak terakses listrik. Harga lampu LED pun macam-macam, tergantung model dan kapasitas daya watt. Di pasaran, ada yang menjual PJU Cell LED dengan harga murah, mulai dari Rp.475.000 (Empat Ratus Tujuh Puluh  Lima Ribu Rupiah).

Untuk Lampu LED dengan daya watt kecil, yakni 20 watt, dijual dengan harga mulai dari Rp. 350.000 per unit ( Tiga Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah). Ada juga lampu jalan LED Sollar Cell All in One berkapasitas 60 watt, harganya cukup tinggi. Mulai dari Rp. 5.950.000, hampir enam jutaan. Sedangkan LED 40 watt dijual dengan harga empat juta.

Nah itulah harga lampu LED PJU dipasaran. Harga diatas dapat berbeda antara satu distributor dengan distributor lainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *