Faktor Penyebab Korupsi

      No Comments on Faktor Penyebab Korupsi

Dalam setiap kasus korupsi yang terjadi pasti biasanya selalu ada faktor yang melatarbelakanginya, berikut ini adalah beberapa Faktor penyebab korupsi yang kerap menjadi alasan dari para pelaku korupsi itu sendiri. Meskipun hal ini tetap tidak bisa dibenarkan, akan tetapi bisa memberikan kita pengetahuan mengenai psikologi dari pelaku korupsi dan juga mengapa ia melakukan sesuatu yang bisa dibilang tidak bermoral dan juga menyalahi aturan serta merugikan orang lain dan instansi secara umum.

Faktor faktor penyebab terjadinya korupsi

  1. Kepribadian pelaku

Tak bisa dipungkiri jika salah satu faktor penyebab terjadinya korupsi berasal dari diri pelaku itu sendiri, sebut saja seperti gaya hidup serta keinginan yang terlalu besar untuk mencapai sesuatu tanpa melihat kondisi yang terjadi pada dirinya sendiri. Jika dua hal tersebut sudah merasuk dalam diri seseorang maka biasanya hanya tinggal menunggu kesempatan saja untuk melakukan tindakan korupsi tersebut.

  1. Faktor Ekonomi

Korupsi yang selalu erat kaitannya dengan uang ini pastilah bisa terjadi karena adanya faktor ekonomi yang menjadi penyebabnya, memang harus diakui jika kondisi ekonomi suatu negara yang kurang stabil bisa berdampak pada tingginya potensi akan terjadinya korupsi di mana – mana. Selain itu perbedaan jarak yang memisahkan golongan dan kelas ekonomi masyarakat di suatu negara juga bisa menjadi faktor penyumbang terjadinya korupsi secara merata.

  1. Faktor Politik

Faktor penyebab yang satu ini mungkin sudah acap kali terdengar di belahan dunia mana pun, politik memang sangat riskan pada terjadinya praktik korupsi baik di dalam tubuh suatu kelompok politik tersebut maupun di dalam penyelenggara negara itu sendiri. Jadi tidak selamanya satu atau dua individu di dalam kegiatan berpolitik itu saja yang menjadi penggagas terjadinya korupsi, namun bisa saja hal ini terjadi lantaran pengaruh dari lawan politik di suatu negara atau daerah.

Pada akhirnya, apapun penyebab dan juga faktor yang mempengaruhi, korupsi tetaplah sebuah praktek yang tidak akan bisa dibenarkan. Karena praktek ini sangat merugikan dan juga bisa berakibat fatal apabila dibiarkan begitu saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *