Desain Ruang Tamu Paling Efektif Agar Fungsional dan Keren

Jika Anda punya banyak teman, kolega, dan saudara, maka Anda wajib memikirkan desain ruang tamu yang paling efektif. Betapa tidak, jika ruang tamu tidak didesain dengan tepat, maka besar kemungkinan imej Anda jadi buruk di mata saudara, teman, atau kolega Anda. Sebaliknya, jika ruang tamu didesain dengan apik dan presisi, maka imej Anda ‘pun jadi terselamatkan. Ruang tamu ini pada esensinya mesti nyaman, fungsional, dan bersifat sosial.

Ya betul sekali, jika ada banyak tamu yang datang, maka mereka ‘pun akan ngobrol dan melakukan aktivitas sosial lainnya. Jadi bagaimana Anda menyikapi hal ini? Jangan khawatir, berikut ini kami akan bagikan beberapa tips desain ruang tamu agar fungsional dan keren!

pexels.com

Fokus Pada Tempat Duduk

Hal pertama yang mesti Anda pikirkan saat mendesain ruang tamu yaitu tempat duduk! Ya, pastikan Anda memilih tempat duduk yang paling nyaman dan dapat menampung tamu-tamu yang datang. Kabar baiknya, pilihan desainnya sangat banyak. Mau itu ruang tamu kecil atau besar, ada banyak sekali pilihan tempat duduk yang paling tepat. Jika Anda sudah tahu ukuran ruang tamu Anda, maka Anda dapat dengan mudah menentukan jenis tempat duduk yang paling tepat.

Misalnya jika ruang tamu Anda berukuran kecil, maka Anda bisa menemukan beberapa loveseat dan satu sofa saja. Sebaliknya, jika ruang tamu berukuran besar, maka Anda bisa menempatkan beberapa sofa sectional, loveseat, dan jenis tempat duduk lainnya. Perlu Anda ketahui, menempatkan beberapa tempat duduk terpisah dapat memberikan jarak diantara para tamu, sehingga cocok diaplikasikan di ruang tamu formal. Sedangkan jika tamu-tamu sudah sangat akrab, maka Anda bisa menempatkan sofa sectional atau tempat duduk memanjang yang tidak terpisah.

pexels.com

Tempatkan Titik Fokus

Titik fokus atau focal point merupakan ide desain ruang tamu yang mesti Anda pikirkan. Coba Anda pikirkan kira-kira apa yang bisa menjadi titik fokus pada ruang tamu. Terdapat beberapa opsi seperti televisi, lukisan, wallpaper, poster, dan lainnya. Poster custom dapat menjadi opsi paling murah dan cepat yang bisa difungsikan sebagai titik fokus. Make custom poster tidaklah terlalu sulit karena Anda bisa mendesainnya lewat software seperti Photoshop lalu mencetaknya di percetakan. Pastikan bahwa desain poster sudah sesuai dengan desain ruang tamu secara keseluruhan.

Selain poster, Anda ‘pun bisa menempatkan item lainnya seperti televisi. Namun jika Anda pikir televisi justru dapat mengurangi komunikasi, sebaiknya Anda tidak memasangnya di ruang tamu. Penggunaan satu meja dengan desain khusus juga dapat menjadi focal point yang sangat efektif.

Area Penyimpanan

Banyak orang yang gagal dalam mendesain ruang tamu karena tidak memperhatikan aspek area penyimpan. Ya, menempatkan beberapa item penyimpanan selain dapat digunakan untuk menyimpan sesuatu juga dapat menjadi media presentasi yang sangat efektif. Misalnya, Anda bisa menempatkan kabinet khusus untuk penyimpanan sepatu dan sandal. Anda ‘pun bisa menempatkan beberapa rak untuk penyimpanan buku, majalah, dan lainnya.

O ya, Anda pun bisa menempatkan kabinet dengan beberapa kolom penyimpanan untuk menempatkan pot-pot bunga dan tanaman. Jadi ruang tamu ini memang mesti diisi dengan beberapa item penyimpanan. Selain karena sangat fungsional, item penyimpanan ini juga dapat meningkatkan sisi artistik dari ruang tamu.

pexels.com

Pasang Cermin Dekoratif

Cermin dekoratif ini sangatlah diperlukan, khususnya untuk ruang tamu berukuran kecil. Ya, ruang tamu akan terasa lebih luas jika Anda menempatkan cermin. Namun selain dapat memberi kesan luas, cermin juga dapat menjadi focal point sehingga ruang tamu terlihat lebih menarik. Jika ruang tamu berukuran kecil, Anda bisa memasang satu cermin dekoratif berukuran besar di area dinding lebar dan beberapa cermin dekoratif kecil di area dinding lainnya. Selain dapat membuka ruangan, cermin juga dapat menjadi sumber cahaya tambahan untuk ruangan.

Tempatkan Karpet Bulu Sebagai Alas Kaki

Untuk menambah kenyamanan pada ruang tamu, Anda bisa menempatkan karpet bulu sebagai alas kaki tamu. Ya, karpet bulu bisa ditempatkan di depan sofa, sehingga tamu merasa sangat nyaman saat duduk diatas sofa. Pastikan Anda memasang karpet bulu dengan ukuran dan style yang tepat.

Nah itulah beberapa tips desain ruang tamu agar lebih fungsional dan keren. Jangan sampai ruang tamu terasa membosankan sehingga tamu-tamu yang datang merasa bosan dan kesal, semoga bermanfaat.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *