Cara Membuat Misoa Yang Mudah dan Praktis

      No Comments on Cara Membuat Misoa Yang Mudah dan Praktis

Nama Misoa atau misua cukup populer bagi kebudayaan cina. Misoa merupakan jenis mie berbahan terigu. Warnanya putih, tipis dan teksturnya halus seklias mungkin mirip sohun atau mie bihun namun sebenarnya berbeda.

Biasanya, mie ini tersedia dalam bentuk yang sudah kering. Bentuknya yang panjang, dilambangkan sebagai mie panjang umur. Biasanya, misoa disajikan sebagai menu pada hari-hari khusus seperti imlek atau ulang tahun.

Mie panjang umur ini lumrahnya dihidanngkan dengan telur rebus yang diberi warna merah. Namun, dapat juga disajikan dengan tambahan menu pelengkap lain seperti baso, udang dan menu lainya tanpa menghilangkan rasa dan ciri khas misoa. Sebelum diolah, biasanya direndam dengan air panas.

Teksturnya yang lembut, misoa bisa digunakan untuk campuran sup atau digoreng layaknya mie goreng biasa. Misoa aman dikonsumsi balita, anak-anak dan orang tua. Misoa dibuat secara tradisional memakai peralatan manual sederhana.

Cara membuat Misoa

Bahan

Sebelum membuat Misoa, anda harus menyediakan bahan-bahanya, antara lain :

Misoa 500 gram direbus dengan air panas, telur puyuh 10 butir , udang segar 150 gram ,bakso 5 buah kupas menjadi 4 bagian, kecap manis 2 sendok makan, kecap asing 2 sendok makan, kaldu ayam 150 ml, kucai 50 gram, bawang daun dan  toge . sedangkan bahan yang dihaluskan yakni,  Bawang putih 3 siung, 1 merica sendok teh, garam halus 1 sendok teh, penyedap rasa 1 sendok teh.

Cara Memasak

Aduklah mie yang sudah direbus tadi dengan kecap manis dan kecap asin. Biarkan.

Kemudian, tumis bawang putih dan tambahkan bakso, telur puyuh rebus dan udang.

Selanjutnya aduk perlahan. Masak semua bahan tadi sampai agak kecoklatan dan matang, jangan lupa tambahkan kaldu. Tunggu beberapa saat. Kemudian, masukan mie ke dalam tumisan tersebut, masukan juga garam dan penyedap.

Jika sudah matang, tambahkan pototongan  bawang daun, toge dan kucai, aduk sampai rata, sampai seluruh bahan tercampur. Misoa sudah matang, angkat dan hidangkan.

Nah itulah cara membuat Misoa beserta resepnya. Selamat mencoba.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *