Cara Budidaya Pohon Kunyit di Halaman Rumah

      No Comments on Cara Budidaya Pohon Kunyit di Halaman Rumah

Menanam pohon kunyit bukanlah hal yang sulit. Pasalnya dengan meletakannya saja pada tanah, kunyit dapat tumbuh. Namun, ada beberapa cara yang perlu anda lakukan agar anda dapat berhasil.

Anda juga dapat menanam kunyit di dalam pot. Kunyit sendiri merupakan rempah yang memliki banyak manfaat. Penggunaannya pun dapat digunakan untuk kesehatan maupun kecantikan.

Tahapan Menanam Pohon Kunyit dengan Mudah

Walaupun pohon kunyit termasuk yang sangat mudah untuk dibudidayakan, namun anda tetap memerlukan beberapa tips dan langkah yang tepat. Berikut beberapa tahapan yang dapt anda lalui.

  1. Penyemaian Rimpang Kunyit

Pilih rimpang kunyit yang sudah tua untuk dijadikan sebagai bibit dengan usia sekitar 8 bulan. Kunyit yang tua dapat menentukan kualitas tunas. Anda dapat menggunakan pot atau polybag. Tempatkan agar tidak terkena sinar matahari langsung.

  1. Media Tanam

Media yang digunakan adalah perbandingan 2:1:1 dari campuran tanah gembur, kompos dan pupuk kandang. Letakkan pecahan batu bata atau genteng di bagian bawah pot agar media tanam tidak terbawa air saat penyiraman.

  1. Penanaman Bibit

Masukan tunas ke media tanam dengan kedalaman sekitar 8 cm. Baiknya satu lubang untuk satu bibit. Siram bibit secara teratur dan secukupnya.

  1. Pemberian Pupuk

Anda dapat meletakkan pupuk organik pada media tanam. Penggunaan pupuk organik juga dimaksudkan untuk mengurangi penggunaan pupuk kimia yang mungkin berbahaya.

  1. Penyiraman Tanaman

Siram tanaman 2 atau 3 hari sekali agar media tanam tetap lembab. Baiknya anda menyiram tanaman di sore hari. Gunakan air secukupnya saja karena terlalu banyak air dapat menyebabkan bibit cepat busuk.

  1. Panen

Setelah berusia 8 bulan, anda dapat memanen kunyit anda. Kunyit pada usia ini berada pada usia ideal dan dapat disimpan dalam waktu lama setelah di panen.

Pohon kunyit dapat anda tanam dengan mudah di halaman rumah anda. Kini anda dapat memanen kunyit anda sendiri dan memanfaatkannya untuk berbagai kebutuhan. Beberapa langkah mudah perlu anda lakukan untuk keberhasilan anda dalam menanam kunyit.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *