BISNIS ANEH DARI TELUR KECOA

      No Comments on BISNIS ANEH DARI TELUR KECOA

Kecoa, siapa yang tidak mengenak serangga yang biasa hidup di daerah lembab. Kulitnya yang keras dan sayapnya yang mengkilap dianggap menggelikan atau menjijikan bagi banyak orang. Tapi siapa sangka ternyata dari telur kecoa yang sering kita jumpai bisa menghasilkan pundi-pundi uang.

Bisnis Telur Kecoa

Sebut saja wang fuming dari cina ini, dia sudah dapat menghasilkan banyak sekali uang hanya dari beternak kecoa. Bisnis ini dia mulai dari bisnis pertamanya yang gagal akibat telur kumbang yang akan dia tetaskan tercampur dengan telur kecoa, sehingga banyak yang mati. Kemudian dari kegagalan bisnisnya inilah dia memperoleh ide untuk mengembangbiakan kecoa.

Modal dan Keuntungan

Telur kecoa yang menghabiskan seluruh telur kumbangnya dia kembang biakan menjadi kocoa dewasa yang mempunyai nilai jual. Modal awal yang dia gunakan sebesar 37rb, dan bisa menghasilkan untuk satu kecoa berharga 125rb.

Manfaat Telur Kecoa

Saat ini wang fuming sudah menjadi terkenal karena bisnis kecoanya ini, dia menjadi peternak kecoa terbesar di seluruh daratan cina dan juga seluruh dunia. Ternyata banyak sekali yang memburu kecoa untuk diambil manfaatnya. Misalkan dari segi kedokteran, ternyata kecoa bisa menjadi obat untuk mengatasi kebotakan, obat AIDS, sampai kanker. Selain itu untuk bahan kosmetik beberapa perusahaan mengambil sayap kecoa untuk dijadikan bahan dasar dari kosmetik.

Bisnis Telur Kecoa di Indonesia

Di Indonesia pun juga ada yang melakukan hal yang sama, tapi jenis kecoa yang diternakan berbeda jenisnya yaitu kecoa madagaskar yang diternakan oleh Mifta Alfian Rizki asal Surabaya. Di menggeluti bisnis ini sudah dari tahun 2009 yang lalu, dimana dia mengembangbiakan kecoa jenis ini karena dia diberi dari temannya 3 ekor kecoa madagaskar.

Harga Jual

Ternyata harga dari kecoa jenis madagaskar ini cukup mahal karena kecoa dewasa bisa dijual dengan harga 50-75 ribu perpasang sedangkan kecoa yang sudah tua dihargai 10-15 ribu.

 

Keunikan dari kecoa ini adalah dari badannya yang bisa membesar sampai 13 cm saat usianya mencapai satu tahun dan juga bisa berdesis apabila badanya ditekan. Manfaat dari kecoa yang sudah tua bisa dijadikan pakan ternak untuk ayam, bebek, ataupun ikan karena kandungan protein dari kecoa ini ternyata 3 kali lebih banyak daripada jangkrik. Untuk telurnya bisa juga digunakan untuk umpan ikan.

 

Bagaimana tertarik dengan bisnis yang aneh ini. Walaupun terlihat aneh tapi uang yang dihasilkan tidak sedikit loh. Itulah beberapa kisah sukses dari peternak kecoa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *