Berbeda dengan Kambing, Yuk Kenali Ciri-ciri Domba Di Sini

Banyak orang yang sering menyamakan domba dengan kambing karena keduua hewan tersebut memiliki kemiripan. Namun, pada kenyataanya domba sangat berbeda dengan kambing. Domba memiliki bulu yang keriting sedangkan kambing memiliki bulu yang lebih lurus. Selain itu, ada beberapa perbedaan mulai dari ciri-ciri domba hingga kebiasaan makan. Agar tidak salah  membedakan kambing dan domba, yuk simak ulasan di bawah ini.

Domba

  1. Memiliki Ekor yang jatuh

Domba memiliki ekor yang jatuh menjuntai ke bawah.Berbeda denagn ekor kambing yang lebih tegak dan lurus. Maka jika anda menemukan hewan yang mirip dengan kambing atau domba, lihatlah bagian ekornya. Jika ekornya jatuh menjuntai maka dapat dipastikan bahwa hewan tersebut adalah domba, bukan kambing. Mudah bukan cara mengenali domba?

  1. Mempunya Bulu yang Keriting

Domba memiliki bulu yang keriting dan biasanya dicukur jika sudah mulai lebat. Bahkan, terkadang bulu-bulu yang dicukur tersebut digunakan menjadi wol. Sedangkan kambing memiliki bulu yang lebih lurus biasanya tidak perlu dicukur. Anda bisa mengenali apakah hewan tersebut domba atau kambing dengan melihat ciri-ciri domba tersebut. Namun, keduanya sulit dibedakan ketika bulu domba dan kambing sama-sama dicukur.

  1. Tanduk yang Melengkung dan Kadang Tidak Terlihat

Jika kambing memiliki tanduk yang sedikit ke atas atau ke samping, maka domba memiliki tandung yang lebih melengkung. Bahkan domba lokal biasanya tidak memiliki tanduk. Bahkan beberapa jenis domba memiliki bentuk tanduk yang lebih unik karena melengkung kebelakang seperti domba garut atau domba priangan dan domba texel yang melengkung ke arah depan. Sudah bisa membedakan antara domba dengan kambing dengan melihat tanduknya?

  1. Telinga yang Menegak Ke atas

Domba memiliki telinga yang tegak dan mengarah ke atas. Hal ini tentu bisa dibedakan dengan kambing yang memiliki telinga yang lebih menjuntai ke bawah.Selain itu telinga domba memiliki ukuran yang lebih kecil, sedangkan telinga kambing lebih besar dibandingkan telinga domba. Selain itu, anda dapat melihat jika telinganya lebih lemas maka dapat dipastikan itu kambing bukan domba.

  1. Bentuk tubuh yang Bulat Memanjang

Ciri-ciri domba yaitu memiliki tubuh yang bulat dan memanjang dengan kaki yang pendek. Badan domba akan lebih terlihat membulat dibandingkan dengan kambing. Selain itu, domba memiliki lemak di bagian perut yang lebih banyak. Sedangkan kambing memiliki bentuk tubuh lonjong dan memanjang. Ada kambing yang memiliki postur tubuh yang lebih melonjong dengn tampilan gempal di bagian ekor dan area tengah.

Selain dari bentuk tubuh, anda bisa mengenali domba dari cara makannya. Domba lebih menyukai pakan dari rumput atau daun daunan. Domba tidak bisa menghasilkan susu, namun hewan ini memiliki bulu yang lebat sehingga dapat digunakan sebagai tambahan bahan baku wol. Nah melihat dari cii-cirinya di atas, apakah anda sudah bisa mengenali domba?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *