Berbagai Manfaat Melon untuk Ibu Hamil

      No Comments on Berbagai Manfaat Melon untuk Ibu Hamil

Bagi anda yang saat ini sedang mengandung atau hamil pasti sangat disarankan untuk makan makanan yang bergizi serta bernutrisi supaya janin dalam kandungan tumbuh sehat. Jenis makanan sehat dan bergizi yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil memang cukup beragam dan salah satunya yaitu buah melon.

Buah melon merupakan jenis buah yang memiliki rasa manis dan segar. Tidak hanya baik dikonsumsi oleh berbagai kalangan usia, melon untuk ibu hamil dapat memberikan berbagai manfaat yang bagus untuk kesehatan janin dan ibu hamil. Lalu apa saja manfaat buah melon bagi ibu hamil tersebut? Berikut beberapa penjelasannya.

  1. Dapat Meningkatkan Sistem Imun
    Dengan mengkonsumsi buah melon selama hamil maka bisa membantu meningkatkan sistem imun ibu hamil. Sebab dari 500 gram buah melon yang dikonsumsi, terkandung vitamin C yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Kandungan vitamin C inilah yang bisa membantu meningkatkan sistem imun agar ibu dan janin tidak mudah terserang penyakit.
  2. Menjaga Kesehatan Janin
    Buah melon juga mengandung asam folat tinggi sehingga bagus untuk menjaga kesehatan janin dan ibu hamil. Asam folat sendiri adalah vitamin yang dibutuhkan oleh ibu hamil sebagai penunjang tumbuh kembang janin selama di dalam kandungan. Kandungan zinc dalam buah melon juga sangat bagus untuk perkembangan jaringan tubuh janin serta menurunkan cacat tabung saraf pada janin.
  3. Bagus untuk Perkembangan Kognitif Janin
    Kandungan vitamin A dalam buah melon memang cukup tinggi. Dimana vitamin tersebut merupakan asupan yang penting bagi perkembangan kognitif janin serta dapat menangkal cacat bawaan.
  4. Mencegah Terjadinya Dehidrasi
    Bagi ibu hamil yang mengkonsumi buah melon maka dapat terhindari dari dehidrasi. Sebab buah melon banyak mengandung air untuk mencukupi kebutuhan cairan pada ibu hamil. Namun imbangi juga dengan mengkonsumsi jenis cairan lainnya agar tubuh tetap terhidrasi selama hamil.
  5. Mengontrol Tekanan Darah
    Melon memngandung kalium yang tinggi sehingga bagus untuk mengatur sistem tekanan darah. Tentu saja bagi ibu hamil yang mengkonsumsi melon maka dapat membantu mengontrol tekanan darah dan mengatasi kram pada kaki ibu hamil.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai manfaat melon untuk ibu hamil yang bisa menambah wawasan anda. Berbagai manfaat penting buah melon bagi ibu hamil dan janin tentu menjadikan buah ini sebagai salah satu menu yang bagus dikonsumsi secara rutin oleh ibu hamil.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *