Begini! 3 Batas Aurat Laki-Laki yang Benar

      No Comments on Begini! 3 Batas Aurat Laki-Laki yang Benar

Aurat merupakan sesuatu yang tidak boleh diperlihatkan ataupun dipertontonkan. Aurat pada kaum wanita dan kaum pria sangatlah berbeda. Pada kaum wanita hampir semua bagian tubuhnya adalah aurat kecuali tangan dan wajah. Sedangkan pada kaum pria hanya bagian-bagian tubuh tertentu yang merupakan aurat dan harus ditutupi sehingga tidak terlihat oleh orang lain. Selain itu, batasannya lebih sedikit.

Kewajiban menutup aurat ini sesungguhnya adalah kewajiban setiap muslim baik laki-laki maupun perempuan. Aurat tidak boleh dilihat oleh orang lain kecuali kepada yang memang berhak melihatnya. Batasan-batasan aurat ini telah ditetapkan Allah sehingga kita tidak boleh melanggarnya. Menutupi aurat dalam Islam adalah untuk menjaga kehormatan dan kemuliaan hamba-hambanya di depan orang lain.

Seorang lelaki wajib mengetahui batasan-batasan aurat mereka. Hal ini adalah untuk melindungi dirinya dari timbulnya fitnah dikemudian hari. Ini merupakan kewajiban hamba yang taat kepada Allah. Aurat laki-laki dibagi dalam tiga golongan yang akan dijelaskan pada poin berikutnya.

Aurat sesama laki-laki

pixabay.com

Pada dasarnya aurat pada laki-laki tidak terlalu diperhatikan dalam kehidupan sehari-hari karena dianggap tidak menimbulkan syahwat. Namun, meskipun begitu kita tidak dapat meremehkannya. Hal ini karena setan dapat melancarkan tipu daya mereka dan menggiringnya menjadi suatu fitnah.

Laki-laki tidak terlalu memperhatikan aurat mereka. Sebagai bukti mereka santai saat mengenakan celana-celana selutut ataupun tidak memakai baju atasan sehingga dadanya terlihat. Secara aturan, aurat laki-laki adalah di daerah bawah perut hingga lutut.

Menutupi bagian-bagian tubuh yang menjadi aurat adalah suatu kewajiban bagi kaum lelaki. Meskipun di depan saudara atau kerabat dekatnya dan sesama kaum lelaki hendaknya menutup auratnya. Hal ini jelas bahwa ketika mengenakan celana yang panjangnya hanya sampai atas lutut tidak dibenarkan karena akan memperlihatkan aurat mereka. Memperlihatkan aurat merupakan perbuatan yang berdosa.

Pada hadist riwayat Muslim, tidak dibenarkan bahwa lelaki lain melihat aurat lelaki lain meskipun itu kerabat ataupun teman dekat. Pada hadistnya dikatakan bahwa “Janganlah seorang lelaki melihat aurat lelaki lainnya…dan seorang pria tidak boleh bersama pria lain dalam satu kain” (HR. Muslim). Hal ini menunjukkan bahwa tidak dibenarkan lelaki memaki celana yang pendek di atas lututnya.

Aurat Laki-laki dihadapan wanita lain

pixabay.com

Terdapat perbedaan pendapat di antara ulama tentang batasan untuk melihat aurat lelaki atas wanita lain. Namun sebaiknya, untuk tidak melihatnya jika tidak dalam keadaan darurat. Misalnya melakukan operasi atau pengobatan-pengobatan tertentu yang harus memperlihatkan bagian-bagian tubuh. Hal ini karena akan menimbulkan fitnah dan setan akan menggiring untuk melakukan perbuatan maksiat.

Oleh karena itu, sebaiknya wanita yang bukan muhrimnya dan dikhawatirkan dapat menimbulkan fitnah tidak berdekatan dengan lelaki lain sebelum bebas dari fitnah. Pada kehidupan sehari-hari kegiatan berdekatan dengan lelaki yang bukan muhrim memang memiliki kesempatan yang besar. Namun, sebagai sesama teman kerja sebaiknya menjaga agar tidak menimbulkan fitnah.

Aurat laki-laki dihadapan istri

pixabay.com

Aurat laki-laki dihadapan istri sesunguhnya tidak ada batasan yang mengaturnya. Hal ini karena istri tidak lagi menimbulkan fitnah dan sudah sah dalam suatu perkawinan. Oleh karena itu, tidak ada batas aurat antara keduanya. Namun, hanya di dalam rumah saja atau tempat tertutup dan dalam koridor kesopanan.

Aurat merupakan hal yang saat ini begitu mudahnya dilanggar oleh kaum muslim. Tidak hanya oleh kaum pria namun juga bagi kaum wanita. Kurangnya edukasi dan penanaman agama sejak dini dapat menyebabkan hal ini terjadi. Setelah mengetahui informasi-informasi yang disajikan di atas maka kita mengetahui batasan-batasan aurat pada laki-laki.

Oleh karena itu, sebaiknya dalam hubungan pertemanan pun untuk selalu menjaga masing-masing diri meskipun itu merupakan teman baik. Karena kita tidak ada yang tahu bagaimana setan menggiring manusia menuju maksiat.

Untuk laki-laki, meskipun batasan aurat lebih sedikit dibandingkan kaum wanita. Sebaiknya selalu menjaga diri dan mengenakan pakaian-pakaian yang menutupi dengan sempurna, baik bagian atas maupun bawah tubuh. Saat ini perkembangan fashion pria telah berkembang dengan baik, khususnya fashion untuk beribadah. Salah satunya adalah kurta Pakistan.

Kurta Pakistan di negara asalnya dapat digunakan baik oleh kaum laki-laki maupun kaum wanitanya. Kekhasan dari kurta Pakistan ini adalah potongan pakaiannya yang menjuntai hingga lutut. Sehingga cocok untuk menutupi aurat, baik kaum laki-laki maupun kaum wanita. Kurta Pakistan ini banyak digunakan dalam acara keagamaan. Meskipun begitu, pakaian ini juga dapat digunakan pada acara apapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *