Apakah Pembangkit Listrik Tenaga Surya Itu

      No Comments on Apakah Pembangkit Listrik Tenaga Surya Itu

Kebutuhan penduduk indonesia akan kebutuhan listrik memamng sangat tinggi. Karena semua tempat di indonesia pasti membutuhkan listrik untuk kehidupan sehari hari. Namun hal ini sayanganya belum bisa terpenuhi sepenuhnya. Karena banyak berbagai daerah yang belum dijamah oleh listrik. Salah satunya adalah karena banyak yang menggunakan pembangkit listrik tenaga air yang mengandalkan waduk dan juga pantai. Padahal ada daerah yang tentu jauh dar dua tempat penghasil listrik tersebut. salah satu solusinya bisa menggunakan pembangkit listrik tenaga surya.

Pembangkit Listrik Tenaga Surya dan Cara Kerjanya

Namun sayangnya pembangkit listrik tenaga surya sendiri memang belum banyak ditemui di indonesia. Bahkan banyak orang yang belum menegtahui akan hal tersebut dan menanyakan apakah pembangkit listrik tenaga surya itu? Pembangkit listrik tenaga surya mempunyai definisi adalah poemabngkit listrik yang menggunakan panas matahari untuk memproduksi listrik, biasanya pembangkit listrik jenis ini menggunakan fotovoltaik.

Alasan Tidak Digunakannya Pembangkit Listrik Tenaga Surya Di Indonesia

Lalu mengapa di indonesia belum banyak menggunakan tenaga pembangkit listrik tenaga surya? Berbagai kendala memang banyak di alami untuk membuat pembangkit listik tenaga surya yang ada di indonesia.

  1. Biaya Operasional yang Besar

Salah satunya adalah biaya yang sangat besar. Biaya yang lebih besar untuk membuat pembangkit listrik tenaga surya merupakan hal yang jadi masalah utama mengapa pembangkit listrik jenis ini belum banyak tersebar. Dana yang dibutuhkan untuk membuat pembangkit listrik tenaga surya lebih besar jika dibandingkan dengan pembangkit listrik tenaga air yang banyak digunakan di indonesia.

  1. Lahan untuk Pembangkit Listrik Yang Jarang

Selain biaya yang dikeluarkan lebih banyak, ada kendala lain mengapa pembangkit listrik tenaga surya belum banyak ditemui. Salah satunya adalah pembebasan lahan yang susah. Banyak warga yang menolak akan pembebasan lahan yang dilakukan pemerintah. Tentu ini akan sangat menghambat sekali. Hal ini dikarenakan pembangkit listrik tenaga surya membutuhkan lahan yang luas untuk tempat panel surya yang begitu banyak. Kedua masalah tadi memang sampai sekarang belum bisa diselesaikan dengan baik. Sehingga sampai sekarang kebutuhan akan listrik masih banyak menggunakan pembangkit listrik tenaga air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *