3 Cara Utama Meningkatkan Kesuburan Tanah

      No Comments on 3 Cara Utama Meningkatkan Kesuburan Tanah

Kunci sukses pertanian terletak pada lahan yang subur serta bibit tanam yang unggul. Mendapatkan lahan yang subur tentunya tidak mudah untuk dilakukan. Kita harus memahami beberapa cara utama agar lahan menjadi tetap subur. Namun, hal pertama sebelum meningkatkan kesuburan tanah ialah mengetahui jenis tanah dan ciri-ciri tanah yang memiliki kualitas terbaik.

Berikut 3 Cara Utama yang Wajib Kamu Ketahui !

  1. Metode biologis

Metode biologis dalam meningkatkan kualitas lahan dapat dimulai dengan menambahkan pupuk organik. Setelah itu, menggunakan serabut dan abu gergajiĀ  dapat menjadi pilihan yang efisien untuk menambah kandungan nitrogen.

  1. Metode non-biologis

Sesuai dengan namanya, setiap pupuk maupun alat penunjang lainnya memiliki kandungan kimia di dalamnya. Namun masih terdapat satu opsi, yaitu debu basal yang berasal dari pelapukan batuan sekitar kawasan gunung berapi aktif.

  1. Metode mekanik

Metode ini menggunakan cara pengolahan lahan yang bertujuan untuk memperbaiki setiap struktur tanah. Alat penunjang yang membantu metode mekanik kebanyakan sudah beralih menjadi teknologi yang modern seperti sprinkle (alat penyiram air). Ketika lahan sudah diolah biasanya para petani akan pulang ke rumahnya masing-masing.

Cara meningkatkan kesuburan pada lahan basah seperti sawah, Kita hanya perlu menenggelamkan padi bekas maupun gulma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *